BerandaKesehatanWow! Teh Bisa Kurangi Aktivitas Virus Covid-19 hingga 99,9%

Wow! Teh Bisa Kurangi Aktivitas Virus Covid-19 hingga 99,9%

Kabarmetro.id – Minuman teh yang kaya kafeina dan polifenol, memiliki manfaat mengejutkan: mampu mengurangi aktivitas virus penyebab Covid-19 secara signifikan.

Para peneliti menginkubasi berbagai jenis teh dengan virus Covid-19 selama lima menit. Hasil penelitian yang dilansir The Sun pada Sabtu (11/5/2024) menunjukkan bahwa pada konsentrasi kuat, semua varietas teh menunjukkan penurunan aktivitas virus dalam waktu 10 detik. Teh hitam standar mampu mengurangi virus hingga 99,9 persen, sementara teh hijau, mint, raspberry, dan eucalyptus mengurangi virus setidaknya 96 persen.

Penelitian ini juga menemukan bahwa berkumur dengan teh bisa efektif mengurangi virus Covid-19. Namun, para ahli menegaskan bahwa ini bukan pengganti vaksin.

“Teh bisa menjadi intervensi tambahan yang mudah diterapkan oleh pasien dan keluarga mereka, tetapi bukan pengganti vaksin,” kata ahli virologi Malak Esseili.

Selain membantu melindungi dari Covid-19, teh juga dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, menjadikannya pilihan minuman yang baik untuk rutinitas sehari-hari.(*)