BerandaSportTimnas Brasil Panggil Savio, Gantikan Neymar?

Timnas Brasil Panggil Savio, Gantikan Neymar?

Kabarmetro.id – Penyerang Girona Savio mendapat panggilan tim nasional Brasil. Ini untuk kali pertama Savio bergabung dengan Selecao setelah dipanggil pelatih Dorival Junior untuk melakoni laga uji coba melawan Inggris dan Spanyol.

Performa Savio atau Savinho terangkat seiring dengan pencapaian mengesankan Girona di kompetisi La Liga Spanyol. Penyerang berusia 19 ini sukses membawa Girona ke peringkat dua dan bersaing ketat dengan Real Madrid dalam perebutan titel La Liga.

Sebelumnya, Savio kurang dikenal di pentas sepak bola Eropa. Apalagi, dirinya hanya bergabung dengan klub Ligue 2 Perancis Troyes saat meninggalkan Brasil.

Sosok Savio mulai dikenal saat dipinjamkan ke PSV Eindhoven. Semula dia bermain di tim yunior, Jong PSV sebelum memperkuat tim senior Eredivisie Belanda ini.

Savio akhirnya menjadi sorotan setelah dipinjam Girona. Performa dia pun moncer dan bakal bergabung dengan Manchester City musim depan.

Penampilan mengesankan Savio menjadikan Dorival memberi kesempatan melakukan debut di timnas. Dorival berharap dirinya bisa menggantikan Neymar yang absen karena cedera.

Selain Savio, striker muda Paris Saint-Germain Lucas Beraldo turut bergabung. Dirinya juga mendapat panggilan pertama di timnas.

Keduanya merupakan bagian dari 26 pemain yang dipanggil Dorival yang melakukan debut sebagai pelatih timnas menggantikan Fernando Diniz.

Menariknya dengan absennya Neymar, deretan pemain depan Brasil diisi pemain muda. Tidak hanya Savio dan Beraldo tetapi juga duo Real Madrid Vinicus Junior (23) dan Rodrygo (23), Gabriel Martinelli (22) dan bahkan striker dari klub lokal Palmeiras Endrick masih berusia 17.

Mereka bergabung dengan dua senior Raphinha dan Richarlison yang sesungguhnya belum pulih dari cedera engkel.

Richarlison mengalami cedera saat Tottenham Hotspur dipaksa menyerah 2-1 melawan Wolverhampton Wanderers, Februari lalu. Meski demikian, dirinya tetap dibawa Dorival.

“Saya tak pernah ragu dengan mereka. Para pemain sudah siap mengenakan seragam kami (timnas Brasil),” kata Dorival.

“Mereka bakal memainkan peran penting di dua pertandingan ini,” ujarnya.

Brasil melakoni laga uji coba di Eropa. Mereka menghadapi Inggris pada 23 Maret 2024 di Stadion Wembley, London. Dan tiga hari kemudian, Casemiro dkk bertemu Spanyol di Madrid.

“Kami memiliki banyak pemain muda tetap sudah sarat pengalaman dalam karier mereka. Jadi tak ada masalah dengan usia muda mereka. Saya yakin mereka akan berkontribusi besar,” ucap Dorival.

“Mereka semua ada di sini [timnas] karena menjadi starter di klub. Saya yakin mereka bakal mengambil peran di timnas,” katanya.

Dorival menggantikan Diniz setelah pencapaian buruk Brasil. Selama ditangani Diniz, timnas hanya menang dua kali dan kalah tiga kali di kualifikasi Piala Dunai 2026 zona Amerika Selatan. Buntutnya Brasil masih tertahan di peringkat enam klasemen sementara. (Roi)