BerandaReligiTradisi Rutinan, Jelang Ramadhan Warga Tajungan Bersihkan Makam

Tradisi Rutinan, Jelang Ramadhan Warga Tajungan Bersihkan Makam

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H Tahun 2024 warga di RT 01 dan 08 RW 08 Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan melaksanakan kerja bakti pembersihan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tajungan.

Setiap warga yang datang kemakam diwajibkan membawa alat untuk bersih-bersih seperti cangkul, sabit, dan sapu. Selesai membersihkan makam warga kemudian istirahan dan menikmati makanan kecil dan minum yang disediakan oleh warga lainnya.

Juru Kunci Makam, Samsuri, mengaku senang melihat kekompakan warga setempat yang melakukan kerja bakti untuk kepentingan bersama dalam membersihkan makam ini.

“Saya salut atas kekompakan warga yang membersihkan makam dalam mendekati Bulan Suci Ramadhan,”katanya. Minggu (3/3/24) pagi.

Sementara itu, Ketua RT 01,Imam Basuni bersama warga melaksanakan kerja bakti pembersihan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tajungan.

Kegiatan kerja bakti pembersihan makam, merupakan agenda rutin menjelang Ramadan sebagai upaya memberikan sumbangsih, untuk menjaga kebersihan dan membina kebersamaan bersama warga sekitar, dengan memperhatikan aspek sosial, budaya, dan agama.

Imam Basuni mengatakan, bahwa tempat pemakaman harus dirawat dengan sebaik-baiknya untuk menjaga kebersihan, dengan tujuan memberikan kenyamanan kepada warga yang berziarah, menumbuhkan semangat gotong royong dan mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan makam.

“Kegiatan kerja bakti ini juga merupakan salah satu tugas kami selaku Ketua RT, untuk menjalin kebersamaan bersama warga dalam membantu pemerintah, mendukung program kebersihan lingkungan, dengan menumbuhkan semangat gotong royong,” katanya.

“Semoga dengan kegiatan ini, menjadikan ladang pahala bagi kita semua, di samping memelihara kebersihan makam tetap bersih dan terawat,” imbuh Imam. (Choy)