BerandaEkbisServis Lampu Jadi Peluang Usaha Baru, Ini Menjanjikan

Servis Lampu Jadi Peluang Usaha Baru, Ini Menjanjikan

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Jasa perbaikan lampu menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Tidak heran jika saat ini banyak ditemui lapak penyedia jasa servis lampu di Kota Probolinggo.

Nasir, salah satu tukang servis lampu di dekat palang pintu kereta api mayangan, mengatakan, saat ini banyak warga memilih memperbaiki dop lampu dibanding harus membeli baru. “Sebab, ongkosnya lebih terjangkau dari pada membeli yang baru,” kata dia, Selasa (5/6/23).

Dengan sedikit kreatifitas, lanjut dia, lampu neon maupun dop lampu yang rusak bisa terang kembali. “Tiap hari ada saja yang servis dan ini cukup menambah penghasilan,” ujarnya.
Menurutnya, berbagai jenis lampu bisa diperbaiki. “Tapi harus bermerek yang bergransi saja. Setidaknya, butuh waktu 5 – 15 menit untuk memperbaiki satu bola lampu,” ungkap Nasir yang dulunya pekerja kuli bangunan.

Nasir melanjutkan, dari lampu-lampu yang pernah dia tangani, rata-rata alami kerusakan pada bolam dan mesin. Untuk sekali servis, biaya yang dikenakan bervariatif, “Tergantung dari besar kecilnya watt,” kata dia.

Untuk ukuran, 5-20 watt, dia mematok harga Rp. 12.000, untuk ukuran 20 watt keatas hingga 85 watt biayanya berkisar Rp. 25.000 – Rp 50.000,- . Setidaknya, butuh waktu 5 – 15 menit untuk memperbaikinya.

Jasa servis lampu lainnya, Rina mengatakan, servis lampu sekarang ini menjadi salah satu usaha alternative yang cukup menjanjikan dengan keuntungan cukup lumayan. “Bukan hanya dari lingkungan perkotaan, dari desa juga banyak yang service.” Dalam sehari dia mengaku mengerjakan 5-10 lampu. “Penghasilannya juga lumayan,” terang Rina yang biasa mangkal di Jalan HOS. Cokroaminoto. (Choy)