BerandaKulinerMaknyus! Ketoprak Cirebon Penuh Cita Rasa

Maknyus! Ketoprak Cirebon Penuh Cita Rasa

Kabarmetro.id, CIREBON – Di antara hiruk pikuk kota Cirebon, Jawa Barat, terdapat sajian sederhana yang mampu menggoyang lidah para pecinta kuliner. Ketoprak, hidangan kaki lima yang terbuat dari ketupat, bihun, tahu goreng, dan tauge, merupakan salah satu ikon kuliner khas Cirebon yang tak boleh dilewatkan.

Kepopuleran ketoprak tak lepas dari cita rasa bumbu kacangnya yang khas. Bumbu kacang Cirebon terkenal dengan teksturnya yang lebih kental dan pedas dibandingkan ketoprak dari daerah lain. Perpaduan rasa gurih, manis, dan pedas dari bumbu kacang berpadu sempurna dengan ketupat yang pulen, bihun yang kenyal, dan tahu goreng yang renyah.

Tak hanya di Cirebon, ketoprak juga mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Namun, ketoprak Cirebon tetap memiliki ciri khasnya sendiri. Salah satu yang membedakannya adalah penggunaan taoge kacang panjang yang lebih besar dan segar. Selain itu, ketoprak Cirebon biasanya disajikan dengan tambahan irisan mentimun dan bawang goreng, yang menambah tekstur dan rasa.

Menikmati ketoprak di Cirebon merupakan pengalaman yang istimewa. Biasanya, ketoprak dijajakan oleh para pedagang kaki lima yang mangkal di sudut-sudut kota. Suasana sederhana dan merakyat menjadi bagian dari daya tarik menikmati hidangan ini.

Bagi wisatawan yang ingin mencicipi ketoprak khas Cirebon, terdapat beberapa tempat yang bisa dikunjungi. Di antaranya adalah:

Ketoprak Asemka: Terletak di Jalan Asemka, Cirebon, tempat ini terkenal dengan bumbu kacangnya yang pedas dan gurih.
Ketoprak Palimanan: Berada di daerah Palimanan, Cirebon, tempat ini menyajikan ketoprak dengan porsi yang jumbo.
Ketoprak Kejaksan: Terletak di Jalan Kejaksan, Cirebon, tempat ini terkenal dengan ketopraknya yang dilengkapi dengan irisan tempe goreng.

Ketoprak tak hanya lezat dan mengenyangkan, tetapi juga memiliki harga yang terjangkau. Seporsi ketoprak biasanya dibanderol dengan harga Rp 10.000 hingga Rp15.000.

Jika Anda berkunjung ke Cirebon, jangan lupa untuk mencicipi ketoprak, sajian sederhana penuh cita rasa yang akan memanjakan lidah Anda. (Red)