BerandaKesehatanIni Tips Nyeri pada Bagian Belakang Leher

Ini Tips Nyeri pada Bagian Belakang Leher

Kabarmetro.id – Nyeri pada bagian belakang leher bukanlah hal yang asing bagi banyak orang. Menurut studi dari National Institutes of Health, di negara-negara Skandinavia, masalah nyeri leher dianggap sebagai masalah kesehatan masyarakat yang umum terjadi.

Berbagai faktor dapat menyebabkan nyeri leher, mulai dari penyakit tertentu, posisi tidur yang salah, hingga kebiasaan yang kurang tepat. Contohnya, bekerja dengan posisi tubuh yang tidak ergonomis sepanjang hari.

Terkait dengan hal ini, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu mengatasi nyeri pada bagian belakang leher:

  1. Terapi Fisik: Terapi fisik dapat menjadi solusi efektif terutama untuk kondisi cervical syndrome yang sering menjadi penyebab nyeri leher. Program terapi fisik yang tepat dapat membantu pengidap sakit leher kembali ke aktivitas normal sehari-hari.
  2. Peregangan Leher: Melakukan peregangan otot leher secara rutin juga dapat membantu mengurangi nyeri leher. Peregangan dilakukan dengan memiringkan kepala ke samping dan mempertahankan posisi tersebut selama beberapa detik.
  3. Berhati-Hati saat Tidur: Memperhatikan posisi tidur juga penting untuk mengurangi nyeri leher. Tidur pada sisi punggung (terlentang) disarankan daripada tidur pada posisi tengkurap.
  4. Kompres Leher: Mengompres leher dengan menggunakan es atau kain dingin dapat membantu meredakan rasa sakit dan membuat otot lebih rileks.
  5. Olesi dengan Balsam: Menggunakan balsam atau salep yang mengandung bahan analgesik dapat membantu mengurangi nyeri dan meningkatkan peredaran darah di area leher.
  6. Pilih Bantal yang Tepat: Memilih bantal yang sesuai, seperti berbahan memory foam, dapat membantu menjaga postur leher dan kepala selama tidur.
  7. Memijat Leher: Memijat leher secara perlahan dapat membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan rasa relaksasi.
  8. Obat-obatan: Jika nyeri leher sudah sangat mengganggu, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan obat pereda nyeri yang sesuai.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan nyeri pada bagian belakang leher dapat dikurangi sehingga aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan lebih nyaman dan lancar. (Red)