BerandaNusantaraDinas PUPR Kota Probolinggo Kembali Lakukan Aksi Bersih Sungai

Dinas PUPR Kota Probolinggo Kembali Lakukan Aksi Bersih Sungai

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Pemerintah Kota Probolinggo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Probolinggo kembali melaksanakan aksi pembersihan sungai dan drainase di beberapa titik lokasi. Salah satunya di aliran sungai Tajungan Kecamatan Mayangan. Hal ini ditujukan guna meminimalisir sampah dan kotoran yang berada di aliran sungai tersebut.

Kadis PUPR Rini Sayekti melalui Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Kota Probolinggo, Sunarko ST, MM mengatakan, bersih sungai ini adalah program rutin Bidang SDA, yang setiap harinya dilaksanakan untuk membersihkan beberapa lokasi sungai, parit atau drainase di Kota Probolinggo.

Adapun jenis kegiatan yang dilakukan adalah pengambilan sampah melalui pengerukan dengan menggunakan alat berat serta juga sedimentasi sungai.

“Sebagai program rutin,bersih sungai ini juga merupakan upaya kami untuk mengedukasi warga agar selalu menjaga perilaku tidak membuang sampah ke aliran sungai,” ungkap Sunarko. Sabtu (9/3/24) pagi.

Pembersihan pada titik-titik tersebut perlu dilaksanakan karena guna mencegah kotoran dan sampah menumpuk sehingga dapat mengganggu aliran air di dalamnya.

Sunarko juga mengatakan, kegiatan bersih sungai dapat juga didukung dengan kepedulian masyarakat untuk bersama sama menjaga lingkungan sungai demi mewujudkan Kota Probolinggo bersih, sehat, rapi dan indah.

“Tentu kami berharap dukungan masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan, sehingga sungai bersih akan menambah keindahan dan keasrian Kota Probolinggo,” harapnya. (Choy)