BerandaPendidikanBerkas Persyaratan dan Jalur PPDB SMP Negeri 2023/2024, Baca...

Berkas Persyaratan dan Jalur PPDB SMP Negeri 2023/2024, Baca Selengkapnya!

Kabarmetro.id, KOTA ROBOLINGGO – Masa penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2023/2024, orang tua wajib memahami beberapa hal terlebih dahulu. Dengan demikian, proses penerimaan diharapkan bisa berjalan dengan lebih mudah. Kamis (15/6/23).

Perlu dipahami bahwa pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023/2024 sudah diatur dalam Permendikbud Ristek nomor 1 tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.
Dalam peraturan tersebut, dijabarkan mengenai ketentuan yang berlaku dalam penerimaan peserta didik baru. Mulai dari berkas persyaratan, jalur, tahapan pelaksanaan, hingga pendataan ulang.
Sebagai syarat masuk SMP Negeri 2023/2024, diketahui setidaknya ada empat jalur pendaftaran yang tersedia. Mulai dari zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali dan prestasi.

Dikutip dari media sosial Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek RI), berikut ini hal-hal yang perlu diketahui mengenai setiap jalur pendaftaran:
1. Jalur zonasi * Calon siswa baru hanya bisa memilih satu jalur pendaftaran PPDB di satu wilayah zonasi.* Sekolah memprioritaskan calon peserta didik baru yang memiliki kartu keluarga (KK) atau surat keterangan domisili dalam satu wilayah kabupaten/kota yang sama dengan sekolah asal.*Menggunakan KK yang diterbitkan minimal satu tahun sebelum pendaftaran PPDB.*Apabila tidak ada KK karena situasi tertentu seperti bencana alam dan/atau sosial, maka bisa diganti dengan surat keterangan domisili.*Peserta juga bisa melakukan pendaftaran melalui jalur afirmasi atau prestasi di luar wilayah zonasi selama memenuhi syarat.*Penetapan wilayah zonasi oleh pemda perlu memperhatikan sebaran sekolah, sebaran domisili, dan daya tampung sekolah.*Penetapan wilayah zonasi setiap jenjang diumumkan maksimal 1 bulan sebelum pengumuman secara terbuka di pendaftaran PPDB.*Sekolah yang terletak di perbatasan provinsi dan kabupaten/kota, penetapan zonasi setiap jenjang dilakukan dengan kerja sama antara pemerintah daerah.
2. Jalur afirmasi*Pendaftar jalur afirmasi boleh berdomisili di dalam atau di luar wilayah zonasi sekolah yang bersangkutan.*Apabila calon siswa baru yang mendaftar melalui jalur afirmasi melebihi kuota yang ditetapkan pemda, maka penentuan peserta didik baru bisa dilakukan berdasarkan prioritas jarak tempat tinggal yang terdekat dengan sekolah.*Siswa baru yang berasal dari keluarga tidak mampu, wajib menyerahkan bukti keikutsertaan program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau pemda dan surat pernyataan dari orang tua/wali yang menyatakan bersedia diproses hukum apabila terbukti memalsukan keikutsertaan.
3. Jalur perpindahan tugas orang tua/wali Perpindahan tugas orang tua/wali dibuktikan melalui surat penugasan dari instansi kantor, lembaga, atau perusahaan yang mempekerjakan.

Seleksi peserta didik diprioritaskan berdasarkan jarak tempat tinggal calon siswa baru yang terdekat dengan sekolah.*Apabila terdapat sisa kuota, maka akan dialokasikan untuk calon peserta didik di sekolah tempat orang tua/wali mengajar.
4. Jalur prestasi*PPDB dengan jalur prestasi ditentukan menurut rapor dengan melampirkan surat keterangan peringkat nilai rapor siswa dari sekolah asal dan atau prestasi bidang akademik maupun non-akademik.*Rapor yang dilampirkan memakai nilai 5 semester terakhir.*Bukti prestasi yang disertakan, minimal diterbitkan 6 bulan dan maksimal 3 tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.(Choy)