BerandaSportTutup Usia, Legenda Timnas Italia Gigi Riva

Tutup Usia, Legenda Timnas Italia Gigi Riva

Kabarmetro.id – Kabar duka datang dari dunia sepak bola Italia. Gigi Riva, pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah timnas Italia, meninggal dunia pada Rabu di usia 79 tahun. Berita ini diumumkan oleh mantan klubnya, Cagliari.

Riva, yang dikenal sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola Italia, membawa negaranya menjadi juara Euro 1968. Ia dikabarkan sakit sejak akhir pekan lalu dan dirawat di rumah karena masalah jantung, sebelum akhirnya meninggal dunia tepat sebelum laga final Piala Super Italia antara Napoli vs Inter Milan.

Selama kariernya sebagai pemain, Riva menjadi ikon Cagliari, membela klub tersebut selama 13 tahun (1963-1976) dan memenangkan Serie A pada musim 1969/70. Ia juga tiga kali menjadi top skor Serie A saat membela Cagliari dan finis kedua dalam penghargaan Ballon d’Or pada 1969, di belakang rekan senegaranya di timnas Italia dan pemain AC Milan, Gianni Rivera.

Di timnas Italia, Gli Azzuri, Riva mencatatkan 42 penampilan dan mencetak 35 gol, rekor yang hingga saat ini belum terpecahkan. Ia juga dianggap sebagai pahlawan nasional setelah mencetak gol di final Euro 1968 yang membawa Italia mengalahkan Yugoslavia 2-0.

Dua tahun kemudian, pada Piala Dunia 1970, Riva mencetak tiga gol, membantu Italia mencapai final. Namun, mereka harus menerima kekalahan 4-1 dari Brasil.

Kematian Riva merupakan kehilangan besar bagi sepak bola Italia dan dunia. Kontribusinya baik di level klub maupun internasional akan selalu diingat sebagai bagian dari sejarah sepak bola yang gemilang. (Roi)