BerandaSportStefano Pioli Belum Pasti di AC Milan

Stefano Pioli Belum Pasti di AC Milan

Kabarmetro.id – Meski sukses AC Milan menembus peringkat dua sekaligus menggeser Juventus setelah mengalahkan Empoli 1-0 di laga Serie A Italia di Stadion San Siro, Minggu (10/3/24) dini hari WIB. Meski membawa Milan meraih sukses, namun nasib pelatih Stefano Pioli tetap tak pasti.

Rumor pergantian Pioli memang santer di kancah sepak bola Italia. Terakhir, satu nama yang menggantikan sang pelatih sudah disebut, yaitu Antonio Conte.

Hanya, Pioli tak mempersoalkan bila posisinya digoyang oleh rumor. Dia tetap fokus mengantarkan Milan ke posisi terbaik di akhir musim.

Bahkan Pioli justru berhasil membawa Milan ke papan atas. Rafael Leao dkk pun menunjukkan konsistensi di kompetisi domestik maupun Liga Europa.

Pencapaian mengesankan Rossoneri membuat dilematis klub. Bila memecat Pioli, namun Milan menuai prestasi. Hanya saja, rumor pergantian sudah bertiup kencang.

Buntutnya, Presiden Milan Paolo Scaroni menyatakan bila rencana pergantian pelatih murni dari media. Dengan kata lain klub tidak pernah merencanakan memecat Pioli dan menggantikannya dengan Conte.

Pioli pun tak terpancing dengan pernyataan presiden klub. Menurut dia Milan sepenuhnya mendukung dia. Bahkan Pioli tak segan memuji klub meski dia mengatakan bila masa depan siapa pun di klub tetap tak pasti.

“Saya hanya bisa mengatakan bila klub sangat mendukung saya sehingga saya bisa mengeluarkan kemampuan terbaik. Selain itu, skuat mendukung saya sepenuhnya,” ucap Pioli.

“Hanya saja, masa siapa pun memang tidak pasti. Jadi, biarlah pelatih fokus melatih di klub besar ini. Kami semua fokus pada laga berikutnya dan bagaimana mengakhiri kompetisi dengan baik,” ujarnya.

“Pengalaman saya di Milan sungguh istimewa. Saya menerima banyak hal, termasuk kritikan. Tetapi itu hal yang wajar. Ini tentu memotivasi saya,” kata Pioli lagi.

Milan menunjukkan konsistensi dengan meraih kemenangan ketiga dari lima laga terakhir. Kemenangan atas Empoli pun mengantarkan Milan ke peringkat dua dengan memiliki poin 59. Mereka terpaut 16 poin dengan Inter Milan yang bertengger di puncak klasemen.

Sedangkan Juve turun ke posisi tiga setelah bermain imbang 2-2 melawan Atalanta. Juve sendiri memiliki poin 58.

Di pertandingan melawan Empoli, tim asuhan Pioli harus bekerja keras. Gol kemenangan tuan rumah akhirnya tercipta di menit 40.

Gol dihasilkan pemain sayap Christian Pulisic yang menerima umpan silang dari Noah Okafor. Sepakan Pulisic sempat mengenai Sebastiano Luperto sehingga berbelok arah dan menaklukkan kiper Elia Caprile.

Hanya gol itu sempat ditinjau lewat VAR. Pasalnya asisten wasit sempat mengangkat bendera yang menandakan bila Okafor dalam posisi offside.

Namun setelah ditinjau lewat VAR, wasit menyatakan tidak ada kesalahan dan gol Pulisic tetap sah. Ini menjadi gol kedelapan eks pemain Chelsea ini.

Gol Pulisic merupakan satu-satunya yang tercipta di pertandingan itu. Sampai akhir laga, skor tetap 1-0 untuk Milan.

“Kami mencetak gol meski sedikit beruntung dan meraih tiga poin. Pada akhirnya kami menang dan menatap laga berikutnya,” kata Pulisic.

Milan akan melakoni laga tandang di kompetisi Eropa. Mereka dijamu Slavia Praha dalam duel kedua babak 16 besar Liga Europa, Jumat, 15 Maret 2024 dini hari WIB. Pada laga pertama, Milan unggul 4-2. (Roi)