BerandaPendidikanPercepat Tranformasi Digital Dunia Pendidikan, PLN Icon Plus MoU...

Percepat Tranformasi Digital Dunia Pendidikan, PLN Icon Plus MoU dengan Politeknik Kampar

Kabarmetro.id, PEKANBARU – PLN Icon Plus telah meluncurkan program transformasi digital dan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Kali ini, PLN Icon Plus Strategic Business Unit (SBU) Regional Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng) melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerja sama dengan Politeknik Kampar.

GM PLN Icon Plus SBU Regional Sumbagteng, Bahru Rodi Ilmawan, mengatakan pihaknya berkomitmen mendukung transformasi digital dan kolaborasi dalam transformasi digital di dunia pendidikan

“Banyak hal positif dalam kerja sama ini, salah satunya mempercepat transformasi digital khususnya dunia pendidikan. Akademisi dan praktisi harus saling bersinergi dan berkolaborasi, agar gambaran dunia industri bisa masuk ke dalam dunia akademis,’’ ujarnya.

Melalui kolaborasi yang dituangkan dalam MoU, sebut Bahru Rodi kepada sejumlah media, Rabu (6/3/24), tenaga-tenaga terampil akan lebih siap untuk memasuki dunia industri.

‘’Ke depan kerjasama ini akan terus ditingkatkan, bukan hanya di sektor TIK tapi juga akan menyentuh ke green energi, sesuai dengan megatrend yang terjadi di dunia,’’ ungkapnya.

Dalam kesempatan sama, Direktur Polieteknik Kampar, Nina Veronika, S.T.,M.Sc, mengatakan kehadiran PLN Icon Plus maka dunia pendidikan dapat mengalami kemajuan signifikan dalam hal transformasi digital.

Melalui program ini, mahasiswa Politeknik Kampar akan mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan praktis di PLN Icon Plus. Pelatihan ini akan memberikan mereka pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri.

“Kolaborasi ini diharapkan dapat menciptakan lulusan yang siap bekerja dan mampu berkontribusi secara signifikan di sektor digitalisasi,” ucap Nina Veronica.

Wakil Direktur Politeknik Kampar, M. Ridwan, menambahkan implementasi transformasi digital oleh PLN Icon Plus di Politeknik Kampar, dilakukan melalui langkah-langkah terencana dan terstruktur.

‘’PLN Icon Plus perlu melakukan survei kebutuhan teknologi di Poltek Kampar untuk menyesuaikan solusi yang tepat untuk mendukung program pendidikan,’’ bebernya.

Dengan adanya kerja sama ini, PLN Icon Plus dan Politenik Kampar berkomitmen meningkatkan akses pendidikan dan pelatihan berkualitas melalui praktek kerja dan kelas industri, serta memajukan sektor energi dan transformasi digital.

Terpisah, Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, mengatakan pemanfaatan teknologi digital semakin meluas dan tidak terkecuali di sektor pendidikan.

‘’PLN Icon Plus, sebagai Sub holding PT PLN (Persero), telah mengambil langkah inovatif dengan memanfaatkan teknologi digital untuk sektor pendidikan,’’ sebutnya. (***)