BerandaSosial budayaPerbaiki Kualitas Lingkungan, Bank Sampah Kenari Indan Bersama PT...

Perbaiki Kualitas Lingkungan, Bank Sampah Kenari Indan Bersama PT Pegadaian Lakukan Penanaman Ratusan Bibit Mangrove

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Beragam kegiatan yang digelar oleh Bank Sampah Kenari Indah bersama PT Pegadaian Probolinggo serta Anak anak TK IT Permata, mulai dongeng lingkungan hingga penanaman bibit mangrove oleh anak anak TK bersama keluarganya dilaksanakan di lokasi wisata Pantai Permata kelurahan Pilang Kecamatan Kademangan.

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Komunitas Bank Sampah bersama PT Pegadaian Cabang Probolinggo menggelar Festival Lingkungan. Hadir dalam acara tersebut, Penjabat Walikota Probolinggo Nurkholis yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Slamet Kadis DLH Kota Probolinggo, Retno Wandansari, Manager Gadai PT Pegadaian Cabang Probolinggo Achmad Bayu Perdana beserta Kepala TK IT Permata, para siswa juga ratusan walimurid.

Acara diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Komunitas Bank Sampah Kenari Indah, Syaifudin Zuhri yang dilanjutkan dengan memperkenalkan produk PT Pegadaian kepada para walimurid tentang tabungan emas dan lain lain. Sementara ratusan anak anak TK mengikuti dongeng cerita tentang lingkungan oleh dalang Cak Amir.

Dalam sambutannya, Ketua Komunitas Bank Sampah Kenari Indah, Syaifudin Zuhri mengatakan bahwa dipilihnya mangrove sebagai nama festival karena manfaat besar yang dimiliki oleh tanaman pesisir ini.

“ Salah satunya adalah sebagai penahan hempasan ombak pantai. “Makanya kenapa dipilih mangrove ini karena memang selain fungsinya banyak, untuk menahan ombak,cegah abrasi,banjir dan lain sebagainya, mangrove ini sangat bagus terkait dengan oksigen,” terang Syaifudin. Sabtu (8/6/24) sore.

Manager Gadai PT Pegadaian Cabang Probolinggo, Achmad Bayu Perdana mengatakan, melalui festival Lingkungan ini,kami juga ingin menunjukkan inisiatif dalam upaya pelestarian tanaman mangrove, khususnya di Kota Probolinggo dan Provinsi Jawa Timur pada umumnya yang dikenal memiliki hutan mangrove terluas di Pulau Jawa.

”Di Jawa Timur ini penanaman mangrove terluas di Pulau Jawa, hampir 50 persen tanaman mangrove itu ada di Jawa Timur. Saat ini masih ada sekitar 20 ribu hektar lagi yang perlu sentuhan-sentuhan tangan kita semua,” jelas Bayu.

Sementara itu, Kepala DLH Retno Wandansari menegaskan semangat festival Lingkungan ini sebagai wadah kolaborasi pemerintah bersama masyarakat dalam memperbaiki kualitas lingkungan hidup. “Momentum dan menjadi fondasi besar juga dalam merubah pandangan besar masyarakat untuk bekerjasama dalam upaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan di wilayah pesisir dan upaya pemulihan kualitas lingkungan hidup,” ujar Retno.

Sebelum dilakukan penanaman, dilaksanakan penyerahan secara simbolis bibit mangrove dari Manager PT Pegadaian Cabang Probolinggo, kepada Staf Ahli Bidang Pembangunan, Perekonomian dan Keuangan,Slamet yang dilanjutkan penanaman 500 bibit mangrove jenis tanjang bersama keluarga putra putri TK IT Permata.(Choy)