BerandaNusantaraPemdes Tebing Karangan Salurkan BLT-DD Ekstrim ke 22 KPM

Pemdes Tebing Karangan Salurkan BLT-DD Ekstrim ke 22 KPM

kabarmetro.id, MELAWI – Pemdes Tebing Karangan kecamatan Nanga Pinoh, kabupaten Melawi, melaksanakan giat pembagian BLT DD bagi Masyarakat yang di ketegorikan miskin Ekstrim mampu. Ada sebanyak 22 KPM yang menerima bantuan tersebut, Senin (17/4/23).

Di dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung Kepala desa Tebing Karangan, BPD, Pendamping Desa, PLD Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta seluruh perangkat desa Tebing Karangan.

Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Sudah diganti menjadi BLT Kemiskinan Ekstrem mulai 2023. Meski nilai bantuannya masih sama, tapi jumlah penerimanya akan berkurang.

Ada 4 kriteria penerima BLT Kemiskinan Ekstrem ini. Berikut ini 4 kriteria penerimanya :

1. keluarga miskin yang berdomisili di Desa bersangkutan, dan diutamakan untuk keluarga miskin ekstrem;

2.keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis;

3.keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia; dan/atau

4.keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel.

Dalam hal ini kepala Desa Tebing Karangan Joni, menyampaikan kepada awak media kabarmetro.id, “Di didalam 4 kriteria tersebut di desa Kompas Raya sudah memenuhi syarat yang ada, dan di desa kami yang menerima BLT -DD tahap pertama dari bulan Januari sampai bulan Maret ada 22 KPM, semuanya sudah memenuhi kriteria tersebut dan mendapatkan.”

Joni, selaku kepala Desa mengatakan Beda dengan Dana BLT Covid tahun yang dulu, dana BLT tahun ini pengambilannya tidak bisa di wakilkan oleh siapapun dan harus nama sesuai KTP penerima yang mengambilnya. Dan bagi yang sudah Uzur atau sakit pihak Desa akan datang kerumah rumah alamat masing untuk mengantarkannya.

Menurutnya, BLT kali ini beda dengan tahun yang dulu.Kalau tahun 2023 BLT Covid tapi sekarang di seleksi lagi dengan pihak desa, hingga hanya tinggal 22 KPM lagi penerima BLT tersebut. Dan untuk Tahun ini penerima BLT kali ini cukup ketat seleksi penerimanya karena sesuai dengan target pemerintah yang layak menerima ialah Masyarakat yang betul betul miskin Ekstrimlah yang mrmenuhi kateria pemerima bantuan tersebut.

Selain itu dirinya berpesan kepada masyarakat agar dana bantuan ini dapat di pergunakan sebaik baiknya, “Kita berharap betul kepada masyarakat kita agar dana ini bisa di gunakan sebaik baik mungkin.Untuk membantu mereka dalam hal perekonomian mereka sehari hari” tutupnya. (Januar)