BerandaEkbisPastikan Harga Beras Stabil, Bulog Probolinggo Gelontorkan Beras Medium...

Pastikan Harga Beras Stabil, Bulog Probolinggo Gelontorkan Beras Medium ke Sejumlah Pasar Tradisional

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Pemantauan harga beras pada sejumlah pasar tradisional di Kota Probolinggo terus dilakukan. Hal itu berkaitan dengan harga beras medium yang terus mengalami kenaikan belakangan ini. Agar harga beras kembali stabil, operasi pasar pun dilakukan.

Dalam rangka stabilitas harga beras di pasaran, Bulog Probolinggo gelontor beras di sejumlah pasar tradisional di Kota Probolinggo dengan beras medium Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSP). Nantinya beras ini tidak boleh dijual di atas Harga Eceran Tertinggi (HET), juga untuk memenuhi beras murah untuk masyarakat.
Ada beberapa pasar tradisional yang digelontor beras medium oleh Bulog Probolinggo diantaranya Pasar Baru,Pasar Ketapang,Pasar Wonoasih dan Pasar Kronong. Rabu (30/8/23).

Kepala Cabang Bulog Probolinggo, Muchammad Ramadan melalui Waka, Yoga Prasetyadi mengatakan, harga beras medium di pasaran saat ini telah menyentuh Rp 11 ribu hingga Rp 12 ribu per kilogram. Sehingga daya beli masyarakat menjadi rendah.

Hal itu bakal berakibat pada ancaman krisis pangan. “Kondisi harga beras medium di pasaran telah menyentuh harga Rp 11 ribu hingga Rp 12 ribu per kilogram. Kemudian, yang saat ini dipasok beras kualitas medium dengan harga di bawah pasaran. Sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat luas,” katanya disela sela saat operasi di Pasar Kronong.

Oleh karena itu, pihaknya menyusuri sejumlah toko yang berada di pasar Harapannya, kenaikan harga beras dapat ditekan. Selain itu, pasokan beras terbatas di setiap toko di pasar tradisional. Setiap toko mendapat jatah maksimal dua ton.

Sementara, penjualannya dipantau langsung oleh Bulog Probolinggo,” bebernya. Untuk beras medium yang dijual Bulog Probolinggo berukuran lima kg dengan harga jual Rp8.300 per kg.

“Setelah didistribusikan ke pedagang, beras yang kami stok ini tidak boleh dijual di atas HET yang mencapai Rp9.450 per kilogram. Selain itu, diharapkan kepada pembeli membeli maksimal 10 kilogram.Kegiatan pendistribusian ini merupakan program Bulog yang dilakukan sepanjang tahun.Dengan kegiatan ini, diharapkan harga beras di pasaran khususnya beras medium dapat kembali stabil,” imbuhnya.
Salah satu pedagang beras di Pasar Kronong, Yusuf mengatakan, sengaja mendatangkan beras dari Bulog lantaran sedang banyak dicari oleh warga di saat harga beras mahal. Kami jual Rp 9.450/kilogramnya,” ujarnya. (Choy)