BerandaNewsMonev Hasil Pembangunan Wilayah Binaan, Ini Tujuannya

Monev Hasil Pembangunan Wilayah Binaan, Ini Tujuannya

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO – Koramil 0820/09 Lumbang ikut ambil bagian dalam kegiatan pendampingan penyelesaian pembangunan fisik dan monev pengunaan dana desa tahap I di Desa Boto, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Selasa (28/5/24).

Komandan Koramil (Danramil) 0820/09 Lumbang Kapten Arh M Sholeh berpesan kepada pemerintah desa setempat untuk menggunakan anggaran baik itu ADD maupun DD dengan baik dan benar sesuai dengan kebutuhan dan harus transparan dengan warga masyarakat.

“Gunakan anggaran untuk kepentingan yang mendesak sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” kata Kapten Arh M Sholeh.

Ia berharap dengan adanya monitoring dan evaluasi tidak ada penyimpangan dalam penggunaan anggaran maupun hasil dari pembangunan sehingga masyarakat dapat merasakan langsung hasil dari pembangunan yang ada.

“Kami sebagai aparat kewilayahan akan mensupport penuh kegiatan monev dengan harapan pemerintah desa dapat meningkatkan kualitas pembanguan dan tepat sasaran sesuai program yang dianggarkan sehingga manfaatnya akan kembali kepada masyarakat,”ungkapnya.

Lebih lanjut Danramil mengungkapkan bahwa pembangunan fisik yang dilaksanakan oleh pemerintah desa harus melalui musyawarah sehingga perencanaan program terus berjalan dan dapat dirasakan oleh masyarakat.

Proses musyawarah antara pemerintah desa dengan unsur masyarakat untuk menyepakati hal yang bersifat strategis yang dilaksanakan secara partisipatif, demokratis, transparan dan akuntabel berdasarkan kepada hak dan kewajiban masyarakat.

“Kami sebagai aparat TNI yang selama ini menjadikan pemerintah desa sebagai mitra akan selalu siap membantu dan mendukung program yang telah direncanakan dengan harapan dapat memajukan dan meningkatkan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat,”pungkasnya.(Choy)