BerandaPendidikanMenengok Kegiatan Ramadhan 1444 H Di SMPN 1 Sukodono....

Menengok Kegiatan Ramadhan 1444 H Di SMPN 1 Sukodono. Mari Kita Simak Bersama

Kabarmetro.id, LUMAJANG – SMPN 1 Sukodono beralamat Jalan Gatot Subroto No.02 Veteran Karangsari Sukodono Lumajang Jawa Timur di bulan suci Ramadhan melaksanakan beberapa kegiatan disekolah.

Ditemui di ruangannya Kepala sekolah Edi Purwanto, S.Pd., MM menyampaikan,”
bayak sekali kegiatan di bulan Ramadhan mulai dari sholat tarawih, tadarus, sholat wajib 5 waktu, kajian Ramadhan, Jumat (14/4/23).

Untuk Ramadhan kali ini ada ide kreatif untuk mengemas berbagai kegiatan tersebut dalam vlog, scrapbook, infografis, lagu (mp3/mp4),
komik poster A3, mini mading dan dongeng/cerpen.

Diantara sekian banyak konten tersebut murid hanya memilih salah satu yang disukai dan memungkinkan dikerjakan, untuk kegiatan tersebut dari tanggal 17 maret – 24 April dan dikumpulkan.

Edy Menambahkan “kegiatan ini wajib dilaksanakan semua murid kelas 7 dan 8. Dalam satu hari dilaksanakan selama tiga jam yakni, jam pertama semua murid melaksanakan kegiatan sholat Dhuha lebih afdhol dilaksanakan sendiri-sendiri karena tidak ada aturan untuk berjamaah.

Untuk kepentingan pembelajaran dan pembiasaan bagi murid maka dilaksanakan bersama-sama tetapi niatnya tetap sendiri-sendiri (munfarid).

Jam kedua pembelajaran baca tulis Al-Qur’an yang dibagi 7 kelompok yang terdiri dari 4 kelompok laki-laki dan 2 kelompok perempuan dan 1 kelompok khotmil Qur’an bagi yang sudah lancar.

Jam ketiga penyampaian materi keislaman terutama terkait Akhlaqul Karimah. Diakhir pondok Ramadhan dilaksanakan pembagian zakat fitrah.

Zakat fitrah ini di tampung dari semua murid yang berkenan dan tidak ada paksaan. zakat fitrah yang terkumpul kemudian dibagikan kepada yang berhak menerima zakat terutama murid yang tidak mampu tukang becak dan fakir miskin yang ada di sekitaran SMP Negeri 1 Sukodono Lumajang.

Ada juga lembaga sosial atau anak yatim atau pesantren yang sudah berkirim surat,” pungkasnya. (Agus)