BerandaNasionalKorlantas Polri Luncurkan Penggolongan SIM, Ini Reaksi Ketua MPR

Korlantas Polri Luncurkan Penggolongan SIM, Ini Reaksi Ketua MPR

Kabarmetro,id, JAKARTA – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo menyambut baik inisiatif Korlantas Polri dalam meresmikan penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang dimulai hari ini. Langkah ini dinilai sangat tepat mengingat banyaknya pengendara motor yang belum memiliki SIM, yang berdampak pada tingginya angka kecelakaan di jalan raya.

Sebagai Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo menegaskan pentingnya program ini dalam meningkatkan keselamatan dan ketertiban berlalu lintas. “Saya menyambut baik program yang diluncurkan oleh Kakorlantas. Ini sejalan dengan misi IMI untuk meningkatkan keselamatan dan ketertiban di jalan raya,” ujar Ketua MPR, Senin (27/5/24).

Berdasarkan data dari Korlantas, perbandingan antara pengendara motor yang memiliki SIM dengan yang tidak memilikinya sangat mencolok, yakni 1:13. Selain itu, data kecelakaan menunjukkan bahwa 80% insiden di jalan raya melibatkan pengendara motor. Kondisi ini menekankan urgensi penggolongan SIM untuk meningkatkan kompetensi pengendara.

Ketua MPR yang juga memimpin IMI tersebut mengucapkan selamat kepada Kakorlantas atas peluncuran penggolongan SIM C. Ia juga berharap bahwa penggolongan SIM C2 dapat segera diluncurkan dalam waktu dekat. “Sekali lagi, selamat kepada Kakorlantas atas peluncuran ini. Saya berharap tahun depan kita bisa meluncurkan SIM C2,” tambah Bambang Soesatyo.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya dan memastikan pengendara motor memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai. Dengan penggolongan SIM, diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya memiliki SIM yang sesuai.

Peluncuran ini tidak hanya disambut baik oleh pihak pemerintah dan organisasi otomotif, tetapi juga diharapkan mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Korlantas Polri terus berkomitmen untuk melakukan inovasi dalam sistem perizinan mengemudi demi menciptakan lalu lintas yang lebih aman dan tertib di Indonesia. (Ach)