BerandaNasionalKementan Buka Seleksi Beasiswa SDM Sawit 2024

Kementan Buka Seleksi Beasiswa SDM Sawit 2024

Kabarmetro.id, JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) mengumumkan pembukaan seleksi beasiswa bagi 3.000 pemuda dan pemudi Indonesia untuk mengembangkan sumber daya manusia perkebunan kelapa sawit. Program beasiswa ini bertujuan untuk menciptakan SDM unggul dan berkualitas dalam industri kelapa sawit.

Menurut Direktur Jenderal Perkebunan Kementan, Andi Nur Alam Syah, program Beasiswa SDM Sawit 2024 merupakan kolaborasi antara Ditjen Perkebunan dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Proses pendaftaran sudah dibuka sejak 5 April 2024 dan akan berakhir pada 24 Mei 2024.

Beasiswa ini ditujukan khusus bagi pemilik kebun sawit, karyawan perusahaan sawit, ASN, anggota dan pengurus koperasi sawit, serta ASN/PPPK yang tertarik terlibat dalam industri sawit. Penerima beasiswa nantinya dapat memilih salah satu dari 23 perguruan tinggi pertanian dan perkebunan di Indonesia, termasuk Politeknik Pembangunan Pertanian di Medan dan Manokwari, Institut Teknologi Sawit Indonesia, dan lainnya.

Selain itu, Kementan juga menyediakan berbagai fasilitas bagi para penerima beasiswa, termasuk biaya transportasi, uang saku, uang buku, biaya pendidikan, magang di perusahaan kelapa sawit, sertifikasi kompetensi, dan biaya wisuda.

Persyaratan umum untuk mendaftar program Beasiswa SDM Sawit 2024 antara lain adalah berusia maksimal 23 tahun per 24 Mei 2024, memiliki dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, surat keterangan sehat, dan lainnya. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui portal resmi www.beasiswasdmsawit.id.

Proses tes seleksi akan dilaksanakan secara daring pada 3 Juni 2024 hingga 4 Juli 2024, dengan pengumuman hasil seleksi pada 16 Agustus 2024. Kelas perdana dijadwalkan dimulai pada bulan September 2024.

Kementan berharap program Beasiswa SDM Sawit 2024 dapat menghasilkan SDM yang berkualitas dan berkontribusi dalam pengembangan industri perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di portal resmi program beasiswa tersebut atau dengan menghubungi Panitia Bersama SDMPKS 2024. (Ach)