BerandaNewsKeajaiban Sistem Pengairan Tradisional Ada di Museum Subak Bali

Keajaiban Sistem Pengairan Tradisional Ada di Museum Subak Bali

Kabarmetro.id, BALI – Perjalanan menuju ke dalam keberadaan khas Bali yang tersembunyi, Anda akan menemukan sebuah harta tersembunyi Museum Subak.

Terletak di jantung pulau dewata ini, museum kecil yang sangat berharga ini telah menjadi saksi bisu dari warisan lama Bali yang terkubur dalam sistem pengairan subak.

Masuki museum ini dan Anda akan dihadapkan dengan kekayaan artefak yang memperlihatkan keterampilan luar biasa para petani Bali dalam mengatur air untuk mengairi sawah-sawah mereka.

Mulai dari model miniatur subak hingga alat-alat tradisional yang digunakan dalam proses pertanian, setiap artefak menceritakan kisah panjang tentang kesabaran, keahlian, dan rasa hormat masyarakat Bali terhadap alam.

Tapi, keunikan Museum Subak bukan hanya dalam koleksinya. Ini adalah satu-satunya tempat di mana Anda bisa mendengar legenda-legenda kuno yang dipercayai menginspirasi pembangunan sistem subak.

Pengunjung disuguhkan dengan cerita tentang Dewi Sri yang memberkati tanah Bali dengan kekayaan hasil pertanian melalui sistem yang diselaraskan dengan bulan dan matahari.

Dalam perjalanan Anda melalui lorong-lorong museum yang terang benderang, jangan lewatkan galeri interaktif yang memungkinkan Anda untuk merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang petani Bali yang mengelola air.

Dari menata aliran air hingga memelihara sawah, pengalaman ini memberikan apresiasi yang mendalam akan kearifan lokal yang telah melestarikan tanah subur Bali selama berabad-abad.

Kunjungi Museum Subak di Bali dan temukan rahasia yang tersembunyi di balik sistem pengairan tradisional yang menakjubkan ini. Saksikan bagaimana warisan lama ini terus hidup dalam kehidupan modern Bali, menjadi penjaga kekayaan alam yang tak ternilai bagi generasi mendatang. (IP)