BerandaKesehatanIni Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Ini Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Kabarmetro.id – Meskipun buah dikenal menyehatkan karena kaya akan serat, vitamin, dan mineral, ada beberapa jenis buah yang tinggi gula dan perlu diperhatikan oleh penderita diabetes. Kebanyakan orang mungkin langsung merujuk pada makanan manis seperti cake, permen, kue cokelat, dan es krim sebagai penyebab tingginya kadar gula. Padahal, beberapa jenis buah juga mengandung gula yang cukup tinggi.

Melansir dari berbagai sumber, Kamis (9/5/24), berikut adalah daftar buah yang tinggi gula dan perlu dibatasi konsumsinya oleh penderita diabetes:

1. Apel Apel berukuran sedang mengandung sekitar 20,8 gram gula, sebagian besar dalam bentuk fruktosa. Meskipun mengandung serat yang membantu metabolisme glukosa, penderita diabetes sebaiknya memilih apel hijau yang mengandung lebih sedikit gula dibanding apel merah.

2. Mangga Sebanyak 165 gram mangga potong mengandung 22,5 gram gula. Meskipun tinggi serat, kandungan gula yang tinggi membuat mangga perlu dibatasi konsumsinya untuk menjaga berat badan dan kadar gula darah.

3. Anggur Dalam sekitar 175 gram anggur, terkandung 23,2 gram gula. Anggur mengandung nutrisi penting dengan sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba, namun kandungan gula yang tinggi tetap perlu diperhatikan.

4. Semangka Semangka menyegarkan dan mengembalikan cairan tubuh dengan cepat di cuaca panas. Namun, dalam potongan semangka ukuran sedang, terdapat sekitar 17 gram gula, menjadikannya buah tinggi gula yang perlu dibatasi.

5. Pisang Semakin matang, pisang semakin tinggi kandungan gulanya. Satu buah pisang mengandung sekitar 15,4 gram gula. Untuk menjaga kadar gula darah, konsumsilah separuh bagian atau pilih pisang berukuran kecil.

6. Jeruk Di balik kandungan vitamin C, kalium, dan kalsiumnya, jeruk juga termasuk buah tinggi gula. Jeruk ukuran besar mengandung sekitar 17,2 gram gula, sehingga perlu dibatasi konsumsinya oleh penderita diabetes.

Meskipun buah adalah pilihan makanan sehat, penderita diabetes harus tetap waspada terhadap kandungan gula yang tersembunyi di dalamnya. Mengatur porsi dan memilih jenis buah dengan kandungan gula yang lebih rendah bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. (Ach)