BerandaNewsKeberadaan Satlinmas Sangat Penting, Ini Tujuannya

Keberadaan Satlinmas Sangat Penting, Ini Tujuannya

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Keamanan dan Ketertiban ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan perilaku anggota Satlinmas di tingkat Kelurahan di Kota Probolinggo guna untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan instansi terkait TNI-Polri. Kegiatan tersebut bertempat di Halaman Kantor Kelurahan Sumbertaman. Selasa (14/5/24) pagi waktu lalu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Camat Wonoasih Deus Nawandi, Kapolsek Wonoasih, Kompol Sumarjo, Danramil 0820/02 Wonoasih Kapten Inf Muhamad Yusuf serta anggota Satlinmas selaku peserta sosialisasi.
Sebagai upaya peningkatan kapasitas dalam menjalankan tugas menjaga ketentraman dan ketertiban, Pokmas Sumber Jaya Kelurahan Sumbertaman menggelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Keamanan dan Ketertiban bersama Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat).

Ketua Pokmas Sumber Jaya, Agus Heri Subagyo menyampaikan, satuan perlindungan masyarakat adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Pelaksanaan sosialisasi peningkatan kapasitas keamanan dan ketertiban ini berdasarkan Permendagri nomor 130 tahun 2018 tentang kegiatan pembangunan sarana dan prasarana dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

“Selain itu juga berpedoman pada peraturan Walikota Probolinggo nomor 173 tahun 2019 tentang Pedoman Pengelolaan Anggaran Kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo dengan anggaran bersumber dari dana kelurahan,” kata Agus Heri Subagyo.

Sementara itu, Camat Wonoasih Deus Nawandi mengungkapkan, dengan segala keterbatasan peran Linmas sangat signifikan dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.“Linmas merupakan satu kesatuan dalam penertiban lingkungan di level paling bawah,” ujarnya.
Kapolsek Wonoasih Kompol Sumarjo menjelaskan, Linmas merupakan garda terdepan dalam melihat dan mendengar yang terjadi di masyarakat, linmas merupakan mitra kami sebagai aparat kewilayahan.

“ Linmas bertugas mengamankan orang, barang, tempat dan perlu adanya komunikasi yang baik agar dapat maksimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.Informasi sekecil apapun harus terkondisikan, semua harus ditingkatkan dan direspon cepat tunjukan dedikasi yang tinggi sebagai Linmas,” ungkapnya.

Sementara Danramil 0820/02 Wonoasih Kapten Inf Muhamad Yusuf berharap ada pelatihan untuk Linmas sehingga mereka ada bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan fungsi nya.“Saya pesan kepada Linmas untuk melakukan patroli wilayah secara bergilir hal ini untuk pencegah dini,” pesan Yusuf.

Untuk diketahui, Satlinmas sendiri mempunyai beberapa fungsi, yakni membantu memelihara dan meningkatan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa.

Membantu masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan.(Choy)