BerandaKesehatanHari Osteoporosis Nasional 2023, Kolaborasi Kuatkan Tulang Indonesia

Hari Osteoporosis Nasional 2023, Kolaborasi Kuatkan Tulang Indonesia

Kabarmetro.id, JAKARTA – Ribuan orang menghadiri kegiatan Hari Osteoporosis Nasional (HON) 2023 di Gelora Bung Karno, Jakarta, yang diadakan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) didukung dan berkolaborasi dengan PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) melalui brand Entrasol, dihadiri Ketua Umum Perwatusi Anita A Hutagalung; Wakil Ketua MPR RI, Dr. Lestari Moerdijat, S.S, MM; Mantan Menteri ESDM, Prof. Purnomo Yusgiantoro; Direktur Kesehatan Usia Produktif & Lansia Kemenkes RI, dr Nida Rohmawati, MPH; Perwakilan Persatuan Osteoporosis Indonesia (Perosi), Siti Anisa Nuhoni, Sp.KFR (K) dan para pengurus DPP Perwatusi, Minggu (29/10/23).

Dengan mengusung tema besar HON 2023, “Kolaborasi Kuatkan Tulang Indonesia,” Ketua Umum Perwatusi, Anita A Hutagalung mengatakan, Perwatusi akan terus berkolaborasi dengan pihak-pihak yang memiliki kepedulian sama dengan Perwatusi, yaitu menguatkan Tulang Indonesia sehingga masyarakat Indonesia dapat hidup dengan kualitas kesehatan tulang prima dan memiliki usia produktif yang panjang dalam berkontribusi bagi kehidupan keluarga, bangsa dan negara Indonesia.

“Kolaborasi ini dilakukan dengan luas baik bersama Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah,  Kementrian dan Dinas-dinas, juga kolaborasi dengan pihak swasta yang juga memiliki atau paling peduli dengan kesehatan tulang Indoensia,” kata Anita di sela-sela acara HON 2023 di Gelora Bung Karno Jakarta.

Dalam perjalanannya, lanjut Anita, Perwatusi banyak didukung oleh berbagai kalangan, seperti Purnomo Yusgiantoro Center yang terus bersama Perwatusi dalam setiap berbagai kegiatannya. Perwatusi juga didukung dan berkolaborasi dengan Kalbe Nutrisionals dengan produk susu Entrasolnya dalam menyampaikan kepada masyarakat akan pentingnya pemenuhan nutrisi yang tepat, guna mendukung pertumbuhan masa tulang agar kuat, di samping senam-senam yang dilakukan.

“Dukungan dan Kolaborasi juga kami dapatkan dari Mayora dengan minuman Le Mienrale, yang sangat memudahkan  kami dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar menjaga kesehatan dengan berolahraga dan juga menjaga asupan  nutrisi dan mineral yang baik,” kata Anita.

Dijelaskan Anita. A. Hutagalung, dalam program  kerjanya Perwatusi menyasar ke 3 kluster usia masyarakat Indonesia yaitu, Remaja, Dewasa dan Lansia, di mana di masing-masing kluster usia ini tahapan upaya pencegahan Osteoprosis dalam jangka panjang menjadi sebuah kesatuan dan berkesinambungan. Perwatusi tidak saja menyasar pada Lansia tetapi menggaungkan kolaborasi ini ke semua lapisan masyarakat di Indonesa. Khusus  Lansia Perwatusi memiliki  program khusus yaitu Komunitas Senam Virtual Lansia yang diadakan setiap 3 kali dalam seminggu, dan saat ini sudah mencapai hampir 500 episode.

Anita. A. Hutagalung berharap dalam Peringatan Hari Osteoporosis Nasional tahun 2023 ini mampu menjadi pemicu terbentukanya komitmen bersama seluruh elemen bangsa untuk bersama Perwatusi berkolaborasi kuatkan tulang Indonesia.

Sementara itu, Dr. Ade Tobing.Sp.KO menyatakan bahwa hasil penelitian dan survey yang dilakukan terhadap peserta Senam Lansia melalui daring 3 kali dalam seminggu, ternyata mampu meningkatkan kekuatan otot, dan diharapkan ini akan berkorelasi dengan kekuatan tulang peserta senamnya.

“Gerakan senam Perwatusi tidak saja ditujukan untuk membantu meningkatkan masa otot dan tulang tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan paru-paru,” kata dr Ade.

Sementara, Robertus Purba, Director of Adult and Specialized Nutrition KALBE Nutritionals mengatakan, melalui pesan “Tulang Kuat, Jantung Sehat,” Entrasol ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bergerak aktif dengan tulang yang kuat sehingga berdampak positif bagi kesehatan jantung. Hari Osteoporosis Nasional menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memperhatikan kesehatan tulang yang merupakan penyangga aktivitas keseharian kita. Tanpa aktivitas fisik yang cukup serta diimbangi dengan nutrisi setiap hari yang tepat, tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan secara keseluruhan, tak terkecuali bagi jantung yang menjadi pompa kehidupan kita.

“Selain ajakan bergerak aktif, pastikan dan jaga asupan nutrisi setiap hari yang mendukung kesehatan tulang dan jantung. Dengan semangat kolaborasi, Entrasol bersama Perwatusi berkomitmen untuk mendukung masyarakat Indonesia yang sehat, aktif, dan produktif di masa kini dan nanti,” kata Robertus Purba.

Dalam kesempatan itu, dr Adeline Devita, Medical  Affairs Kalbe Nutritionals, mengatakan, sebagai tambahan nutrisi setiap hari, Entrasol selalu berinovasi untuk menghadirkan produk dengan nutrisi lengkap yang menjaga kesehatan otot, tulang dan jantung. Entrasol Gold, hadir menjadi pilihan nutrisi tinggi kalsium yang dilengkapi dengan ekstrak buah zaitun dan Pro-Fit Formula. Entrasol Gold juga kaya vitamin D untuk mendorong pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang, serta dilengkapi kandungan tinggi serat, omega 3 dan 6, tanpa penambahan gula.

“Kombinasi tinggi kalsium dan ekstrak buah zaitun sebagai antioksidan kuat dapat membantu penyerapan kalsium lebih baik sehingga mendukung proses pembentukan dalam remodelisasi tulang menjadi lebih cepat,” katanya.

Anita. A. Hutagalung tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak swasta yang selalu mendukung program Perwatusi menyehatkan Tulang Indonesia yaitu Entrasol dari PT. kalbe Nutrisional, juga Le Minerale dari Mayora, Purnomo Yusgiantoro Center,  Bapak Farhat Brachma, Yayasan Del,   yang terus bersama Perwatusi dalam berbagai program menyehatkan tulang masyarkat Indonesia.

Perwatusi adalah sebuah perkumpulan nirlaba, anggota dari Internasional Osteoporosis Foundation( IOF), memiliki kepedulian atas penyakit yang diderita 2 dari 5 wanita didunia yaitu Keropos Tulang atau Osteoporosis. Sejak berdiri pada tahun 2002 Perwatusi memiliki program kerja terukur untuk mendampingi masyarakat Indonesia agar mengerti  apa dan bagaimana cara efektif untuk menghindari dampak Osteoporosis secara dini yang pada akhirnya menurunkan produktifas warga terdampak Osteoporosis.

Dalam perjalannannya, Perwatusi juga bermitra dengan Perosi (perkumpulan para pakar ilmu kedokteran yang peduli dengan osteoporosis). Perwatusi juga merupakan anggota dari Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) yang merupakan induk olahraga masyarakat seluruh Indonesia.

Perwatusi (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia) bersama Pemerintah Pusat pada tanggal 23 Oktober 2021 telah melakukan Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis yang dicanangkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Prof.KH. Ma’ruf Amin di Jakarta.

Hal itu sebagai bentuk kepedulian Perwatusi dan Pemerintah akan pentingnya melakukan langkah langkah efektif dan terstruktur untuk mencegah penyakit yang tidak memiliki gejala, tapi berdampak bagi seluruh rakyat Indonesia yang memiliki cita-cita Indonesia Sehat dan produktif.

Menindaklanjuti Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis, Perwatusi melakukan langkah nyata dengan program Gerakan Daerah Melawan Osteoporosi dari 2022 hingga 2023 di 10 kota besar, yaitu:

1. DKI Jakarta
2. Serang, Banten
3. Bandung, Jawa Barat
4. Semarang Jawa Tengah
5. Surabaya, Jawa Timur
6. Palembang, Sumatera Selatan
7. Samarinda, Kalimantan Timur
8. Banjarmasin, Kalimantan Selatan
9. Bali
10. Kabupaten Bandung

Gerakan Daerah Melawan Osteoporosis dilakukan dengan berkolaborasi bersama pemerintahan propinsi dan juga dinas-dinas terkait agar gaungnya dapat sampai ke seluruh pelosok daerah. Kolaborasi menjadi penting dilakukan, karena sebagai sebuah perkumpulan nirlaba yang tugas utamanya mendampingi masyarakat untuk hidup sehat dan bertulang kuat, Perwatusi memerlukan mitra kolaborasi baik pemerintah maupuan swasta dan juga individu atau kelompok masyarakat dalam menjalankan tugas pokok Perwatusi. (Tomi)

Jakarta  29 Oktober 2023
Tim Humas