BerandaKesehatanWaspada Covid-19 di Akhir Tahun, Ini Pencegahannya!

Waspada Covid-19 di Akhir Tahun, Ini Pencegahannya!

Dalam menghadapi situasi ini, Kemenkes RI menyarankan masyarakat untuk segera melengkapi vaksinasi Covid-19, baik dosis primer maupun booster. Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) membuat mobilitas masyarakat semakin tinggi, baik perjalanan di dalam negeri maupun WNI yang mudik dari luar negeri.

Mengingat peningkatan kasus di beberapa negara, Kemenkes RI mengeluarkan surat edaran tentang kewaspadaan terhadap lonjakan Covid-19 bagi pelaku perjalanan luar negeri. Pelaku perjalanan diminta memastikan memiliki kekebalan yang cukup untuk melakukan perjalanan agar tidak tertular dan menjadi sumber penularan.

Pemerintah daerah, melalui Dinas Kesehatan, diminta memastikan semua puskesmas dan fasyankes lainnya memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19. Ketersediaan vaksin dan logistiknya harus dijamin, sementara masyarakat diberikan informasi yang baik mengenai lokasi pelayanan vaksinasi.

Vaksinasi dosis lengkap maupun booster dapat diperoleh secara gratis di puskesmas, rumah sakit, atau pos vaksinasi terdekat dengan menunjukkan KTP atau identitas lainnya. Jenis vaksin yang tersedia adalah Inavac dan Indovac yang telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan POM.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, menekankan pentingnya masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan meskipun telah divaksin, termasuk menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Masyarakat juga diingatkan untuk segera memeriksakan diri ke fasyankes atau rumah sakit terdekat jika mengalami gejala Covid-19.

Booster atau vaksinasi lanjutan sudah dilakukan di Indonesia pada 2022, bertujuan untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap virus corona. Dengan melaksanakan booster, diharapkan tubuh dapat melawan virus dengan lebih kuat dan mengurangi beratnya gejala jika terpapar. Pemerintah juga menyarankan untuk menunda perjalanan ke daerah yang mengalami lonjakan kasus Covid-19. (*)