BerandaEkbisTPID Sidak ke Distributor dan Toko Beras, Pastikan Harga...

TPID Sidak ke Distributor dan Toko Beras, Pastikan Harga Beras Turun

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Probolinggo sidak ke distributor dan toko beras.Hal itu dilakukan dalam rangka untuk memastikan harga beras dipasaran turun.

Sejumlah pasar dan distributor beras yang disidak, yakni Pasar Kronong, Pasar Baru, Pasar Wonoasih, dan distributor beras di Jalan Pahlawan. Dari hasil sidak tersebut, diketahui harga beras medium maupun beras premium mengalami penurunan.

Penurunan harga beras ini cukup variatif mulai dari Rp 700 hingga Rp 800 per kilo. Salah satunya beras premium merk Tinta yang saat ini harganya Rp 14.000 per kilo, dari sebelumnya Rp 14.700 per kilo.

“Penurunan harga beras di pasaran ini karena saat ini stok beras serta pasokan beras dari luar sudah mulai banyak. Namun demikian ada selisih penurunan harga baik di tingkat distributor maupun di pasar,” ujar Anggota TPID Kota Probolinggo, yang juga Analis Perdagangan di DKUPP, Saiful Syarifuddin. Kamis (29/2/24).

Adanya pasar murah yang digelar Bulog dan Pemkot Probolinggo juga ada pengaruhnya, sehingga harga beras ini turun. Dalam sidak ini tidak ditemukan adanya pelanggaran yang ditemukan, baik oleh toko distributor, maupun pedagang.

“Jadi karena saat ini untuk dua bulan ke depan stok beras mencukupi kebutuhan warga, maka saya berharap warga untuk tidak panic buying,” ujarnya.

Salah satu pemilik toko, Rudi Cahyadi mengatakan, harga beras ini masih belum stabil, karena kadang naik kadang turun.
Namun meski demikian belum ada pelanggan yang mengurangi pembelian beras di tokonya, karena memang kebutuhan dan sudah pelanggan.

“Harapan saya harga beras ini stabil,jika naik turun, kami, pedagang, serta pembeli bingung,” terang Rudi. (Choy)