BerandaPendidikanRibuan Siswa/Siswi TK Turut Meriahkan Peringatan Hardiknas di Kota...

Ribuan Siswa/Siswi TK Turut Meriahkan Peringatan Hardiknas di Kota Probolinggo

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024 di Kota Probolinggo berjalan dengan aman, lancar dan khidmat. Pemerintah Kota Probolinggo menggelar upacara di Alun –Alun. Kamis (2/5/24) pagi.

Upacara dipimpin Pj (Penjabat) Nurkholis selaku Inspektur Upacara. Pada kesempatan tersebut, Nukholis membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim. Salah satu yang disebut Mendikbud Ristek adalah terkait Gerakan Merdeka Belajar.

“Menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang dimiliki untuk memajukan pendidikan Indonesia, bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar, bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran,” ujarnya.

Hadirnya pandemi Covid-19 telah mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis. Pada saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan, dengan bergotong royong, berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat.

“Ombak kencang dan karang tinggi sudah kita lewati bersama. Kini, kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi di sekitar kita, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar,” tuturnya.

Mendikbud Ristek mengingatkan bahwa semua yang telah dijalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. “Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang cita-citakan,” jelasnya.

Upacara peringatan Hardiknas 2024 di Kota Probolinggo diawali dengan penampilan senam irama pergi tamasya bersama ribuan siswa/siswi TK se-Kota Probolinggo.

Upacara turut dihadiri Forkopimda, Sekda drg Ninik Ira Wibawati, Ketua TP PKK Kota Probolinggo ibu Dewi Maharani Nurkholis, Para OPD di Lingkungan Pemkot Probolinggo, Para Staf Ahli, Asisten, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah,Para Guru, ASN, non ASN serta ribuan siswa. (Choy)