BerandaNusantaraPercantik Taman di Alun-alun untuk Meriahkan Suasana Kota

Percantik Taman di Alun-alun untuk Meriahkan Suasana Kota

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Alun-alun memiliki beragam manfaat bagi kehidupan masyarakat di suatu daerah, di antaranya manfaat ekologis, ekonomis, sosial, dan kultural yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.

Sejumlah pemerintah daerah di Indonesia berupaya meningkatkan kualitas ruang terbuka publik di wilayahnya untuk mendorong perbaikan kualitas hidup masyarakat.
Salah satunya dengan memperindah dan melengkapi alun-alun atau ruang terbuka lainnya dengan berbagai fasilitas umum. Tujuannya guna menarik antusiasme masyarakat beraktivitas luar ruang secara positif.

Taman koridor tengah sisi selatan Alun-Alun Kota Probolinggo, kini mulai dipercantik dengan menelan anggaran sebesar Rp 275 juta.
Kabid Konservasi dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo Suciati Ningsih mengatakan, perbaikan taman tersebut bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) perbankkan. Nilainya Rp 275 juta.

“Dana yang kami terima Rp 275 juta. Itu untuk perbaikan taman koridor tengah sisi selatan, taman monumen, ditambah sejumlah Pakis Brazil yang kami tanam di sisi barat alun-alun,” terang Suciati.

Suci, panggilan akrabnya mengatakan, perbaikan ini dimulai sudah sepekan lalu. Diawali dengan menggali tanah dan membersihkan gulma. Agar gulma tidak tumbuh lagi.

“Kami isi dengan tanah humus dan pupuk. Lalu ditanami macam bunga agar cantik. Ada bunga asoka, kana tulip, bunga lantana, bayam merah, pandan kuning, dan rumput,” urainya.

Selain itu, di taman koridor ini juga akan diletakkan letter box dan 8 titik lampu sorot taman. Agar terlihat makin cantik.“Sebenarnya, sudah ada lampu, tapi kami tambah yang jenis lampu sorot agar terlihat ta cantik,” tutur mbah.

Proyek ini, kata Suci, ditarget rampung dalam seminggu ke depan. Setelah diperbaiki, pihaknya berharap masyarakat juga turut berpartisipasi menjaganya.

“Mohon kalau selfie jangan diinjak. Sebab, tanamannya kan masih baru. Rumput dan bunga itu akarnya masih lemah dan butuh adaptasi untuk tumbuh. Semoga masyarakat dapat menikmati keindahan alun-alun dan menjaganya,” pinta Suci.(Choy)