BerandaPariwisataPeduli Lingkungan, Forsijama Bersama Komunitas SCB Gelar Aksi Bersih...

Peduli Lingkungan, Forsijama Bersama Komunitas SCB Gelar Aksi Bersih Pantai, Ini Tujuannya

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Kondisi pantai yang banyak sampah dapat menurunkan daya tarik wisata. Menanggapi permasalahan ini, Komunitas SCB (Surya Citra Bahari) bersama Forsijama (Forum Komunikasi Jama,ah Masjid) Kota Probolinggo menggelar Bersih Pantai Wisata Kum – Kum di PPP Mayangan Probolinggo. Sabtu (30/9/23) pagi.

Ketua Forsijama Kota Probolinggo, H. Nunung Mohammad Toha mengungkapkan bahwa kegiatan ini bermula dari adanya keresahan terkait kondisi tempat kum –kum di landasan pantai sudah banyak lumut juga kerang yang menempel pada tiang besi tangga dipermukaan air laut.

“Pantai Wisata Kum – Kum dipilih karena statusnya sebagai objek wisata, kondisinya harus bersih dari kototan juga sampah,” ungkap pria yang kerap disapa Aba Toha ini.

Dalam kegiatan bersih pantai ini, turut melibatkan pihak lain seperti relawan dari Formalis (Forum MasyarakatPeduli Aliran Sungai) serta puluhan anggota yang tergabung dalam Komunitas SCB (Surya Citra Bahari),” terangnya.

Selain itu, sebagai bentuk solidaritas dengan berbagai elemen dalam menjalin kegiatan pengabdian masyarakat yang berkelanjutan, khususnya di Kota Probolinggo. “Semoga kolaborasi ini dapat meningkatkan kepedulian terhadap nilai-nilai sosial kemasyarakatan,” tutup H.Toha.

Sementara itu, Pemerhati Lingkungan, M.Abbas mengatakan,sebagai rangkaian dari edukasi,kegiatan bersih bersih ini dilakukan secara berkelompok agar dapat memupuk tali silaturahmi sesama anggota. Antusiasme teman teman komunitas tampak lebih mendalam ketika mengetahui kondisi baik itu sampah, lumut yang menempel di landasan njegur.

”Kami berharap kepada ,para pengunjung bisa memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan disekitar pantai khususnya soal sampah,” harapnya.

Melalui aksi kecil ini, Abbas juga berharap dapat memberikan dampak yang besar untuk lingkungan sekitar. Sehingga peran Forsijama bersama teman teman SCB sebagai garda terdepan bagi masyarakat dapat terus digalakkan.

“Dari kegiatan ini diharapkan Pantai Wisata Kum – Kum Mayangan bisa menjadi tempat wisata yang bersih dan nyaman bagi pengunjungnya,” pintanya. (Choy)