BerandaSosial budayaOrmas POM Kabupaten Melawi Menggelar Kegiatan Silaturahmi dan Buka...

Ormas POM Kabupaten Melawi Menggelar Kegiatan Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama

Kabarmetro.id, MELAWI – Ormas POM (Persatuan Orang Melayu) Kabupaten Melawi menggelar kegiatan silaturahmi dan buka puasa bersama untuk menjaga kondusifitas di bulan suci ramadhan dan menjelang hari raya idul fitri 1445 hijriah di Kabupaten Melawi.

Kegiatan yang digelar di Cafe Meet Up yang di jalan Juang Km 2 Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi pada Minggu (31/3/34) tersebut dihadiri oleh perwakilan organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan dan sejumlah tokoh masyarakat.

Ketua POM Melawi Zulkifli mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka menjaga kondusifitas di bulan suci ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 masehi di Kabupaten Melawi.

“Kegiatan ini dilaksanakan guna memaksimalkan peran ormas di Wilayah Kabupaten Melawi untuk membantu tugas Polri dalam menciptakan kondisi yang aman dan nyaman saat bulan puasa maupun menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024,” ungkapnya.

Lebih lanjut Zulkifli, juga berharap kepada para pimpinan ormas, para Kades dan tomas yang hadir dalam kegiatan ini untuk dapat mensosialisasikan kepada masyarakatnya untuk bersama – sama menjaga kondusifitas saat bulan ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024.

“Kami juga berharap pada saat peryaan idul fitri nanti tidak ada lagi perang mercon dan kembang api yang dapat membahayakan diri kita dan orang lain. Sebaiknya untuk merayakan idul fitri diisi dengan kegiatan lomba sampan atau karnaval perahu hias seperti tahun lalu,” harapnya.

Zulkifli pun meminta peran aktif tokoh masyarakat untuk mensosialisasikan dan menyampaikan kepada masyarakat agar melakukan kegiatan positif yang tidak merusak perayaan Idul Fitri 1445 H dan tetap menjaga kondusifitas.

“Untuk perang mercon atau kembang api sebaiknya ditiadakan, kita ganti dengan kegiatan positif lainnya yang tidak membahayakan. Kami mendukung langkah tegas Polres Melawi jika nanti ada oknum masyarakat yang melakukan perang mercon atau kembang api tentunya melalui pendekatan yang humanis dan persuasif,” tuturnya.

Menurutnya untuk merayakan hari raya idul fitri nanti dapat menciptakan sebuah tradisi baru yang tidak membahayakan masyarakat misalnya perang meriam yang diatur sedemikian rupa yang bisa menjadi daya tarik wisata domestik.

“POM Melawi siap mendukung Polres Melawi dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Melawi,” tutupnya.

Selama kegiatan berlangsung diisi dengan dialog dan pembagian takjil kepada masyarakat pengguna jalan oleh POM Melawi. (Didik/Januar)