BerandaNusantaraKunjungan Kerja Gubernur Jatim, Dandim 0820/Probolinggo Bersama Sejumlah Pihak...

Kunjungan Kerja Gubernur Jatim, Dandim 0820/Probolinggo Bersama Sejumlah Pihak Bahas Kebakaran di Area TNBTS

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO -Komandan Kodim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto turut menyambut kedatangan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam rangka kunjungan kerja di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Wilayah Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, Sabtu (9/9/23).

Letkol Arm Heri Budiasto mengatakan bahwa kunjungan kerja Gubenur Jawa Timur tepatnya di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo dalam rangka meninjau kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Selain Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Probolinggo, kedatangan gubenur disambut sejumlah pihak terkait dan tokoh masyakarat tengger yang kemudian menuju ke Kantor Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) untuk melaksanakan rapat koordinasi bersama pejabat terkait dalam rangka penanganan kebakaran hutan.

“Berdasarkan informasi yang kami dapatkan bahwa kebakaran hutan di kawasan Bromo adalah fenomena tahunan, dengan adanya kejadian kebakaran hutan ini untuk wisata di kawasan Bromo ditutup sementara dan semoga segera dapat teratasi,” kata Letkol Arm Heri Budiasto.

Dandim menambahkan pihaknya sudah mewanti wanti untuk mengantisipasi kebakaran hutan yang merupakan fenomena tahunan, kami sudah bersinergi dengan pihak terkait untuk mencegah penyebaran api termasuk diantaranya diadakan piket untuk memonitoring kebakaran hutan.

“Dalam kebakaran ini Polres Probolinggo juga sudah menetapkan 1 orang tersangka penyebab kebakaran di Taman Savana Bukit Teletubbies.

Lebih lanjut Perwira Abituren Tahun 2002 ini menegaskan bahwa hasil dari koordinasi yang telah dilakukan bahwa Pemerintah Provinsi akan melakukan pembahasan yang lebih komprehensif di kawasan Bromo yang mengalami kebakaran.

“Ada beberapa skema yang telah dibahas salah satunya bakal menggunakan helikopter BNPB dalam pelibatan untuk pemadaman api sebagai salah satu langkah dalam penanganan penanggulangan kebakaran,”tuturnya. (Choy)