BerandaPolitikKPU Gelar Deklarasi Pemilu Damai Hari Ini

KPU Gelar Deklarasi Pemilu Damai Hari Ini

Kabarmetro.id, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bakal menggelar deklarasi pemilu damai Senin (27/11/23) siang ini. Jadwal yang kami dapatkan, kegiatan akan diselenggarakan di Kantor KPU RI Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat pada pukul 14.00 WIB.

Acara deklarasi ini bakal dihadiri oleh pimpinan partai politik peserta pemilu. Selain itu, calon presiden dan wakil presiden (capres – cawapres) Pilpres 2024 juga turut diundang.

Sebelumnya diketahui, KPU batal digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Penyelenggaraan acara itu dipindahkan ke depan kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus).

“(Pemindahan lokasi) karena beberapa pertimbangan,” kata Komisioner KPU RI Mochammad Afifuddin saat menghadiri Zilenial Festival di GOR Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (23/11/23).

Afifuddin tidak merinci sebab KPU RI memindahkan lokasi deklarasi kampanye tersebut dari GBK. Lebih lanjut, dia hanya membeberkan soal kampanye deklarasi damai yang akan digelar Senin (27/11/23). Acara ini sekaligus menandai akan dimulainya kampanye pada keesokan harinya atau Selasa (28/11/23).

Menurut Afifuddin, KPU mengundang Presiden RI Joko Widodo untuk hadir dalam deklarasi kampanye damai itu. “Diundang, tapi saya belum tahu soal konfirmasinya,” ujar Afifuddin menambahkan.

Sebelum ada perubahan jadwal, Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, KPU bakal menggelar deklarasi pemilu damai di Stadion GBK, Jakarta Pusat. Ia menyebut, agenda itu akan dimulai pada siang hari dan menghadirkan sebanyak 65 ribu sampai 70 ribu tamu undangan.

“Kami punya program kirab pemilu mulai dijalankan pada 14 Februari 2022 lalu, satu tahun sebelum hari H. Nanti titik temu di Jakarta, bendera-bendera partai yang kita kirab itu masuk ke Jakarta dan di situ jadi momentum penandatangan komitmen pemilu damai,” kata Mellaz kepada wartawan di Jakarta, Rabu (22/11/23). (Tomi)