BerandaNewsDukung Ketahanan Pangan, Babinsa Padang Pendampingan Panen di Poktan...

Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Padang Pendampingan Panen di Poktan Argo Makmur

Penulis : Agus S / Diah SR

Kabarmetro.id, LUMAJANG – Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Padang Koramil 0821/20 Padang Serka Cahyo Pranowo, melaksanakan pendampingan Panen padi milik kelompok tani Argo Makmur di Dusun Kajaran Desa Padang Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (4/12/23).

Kegiatan tersebut merupakan pendampingan dalam melaksanakan tugas program upaya khusus (UPSUS) swasembada berkelanjutan sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional di wilayah binaan.

Dalam kesempatan itu, Cahyo Pranowo mengatakan, bahwa program Upsus dalam swasembada pangan difokuskan pada tiga jenis komoditas pangan utama yaitu padi, jagung, dan kedelai (Pajale).

“Pendampingan ini merupakan, salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan produksi beras antara lain melalui perbaikan paket teknologi budidaya dan pasca panen, peningkatan mutu intensifikasi, meningkatkan luas areal pertanaman, rehabilitasi lahan dan pencetakan lahan sawah pertanian baru,” kata dia.

Cahyo juga mengatakan, pendampingan yang dilakukan semata-mata karena merupakan kegiatan disamping tugas pokok, sebagai motivator agar para petani terus bersemangat dalam peningkatan keberhasilan para petani.

Sementara itu, Ketua kelompok tani Argo Makmur Miskar mengatakan, bahwa dirinya sangat senang dengan adanya Babinsa yang terjun langsung membantu petani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan serta motivasi dalam Bertani.

“Dengan kegiatan pendampingan dari Babinsa, sebagai motivator mulai dari pengolahan lahan sampai dengan hasil panen kali ini cukup kami rasakan, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat. Oleh karena itu, kami berharap hal ini bisa memacu para petani meningkatkan swasembada pangan nasional di wilayah,” pungkasnya.