BerandaNusantaraDesa Tukum Raih Juara I dalam Penilaian Gotong Royong...

Desa Tukum Raih Juara I dalam Penilaian Gotong Royong Tingkat Kecamatan

Kabarmetro.id, LUMAJANG – Pemerintah Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengumumkan hasil Penilaian Gotong Royong Terbaik Tingkat Kecamatan Tekung Tahun 2024.

Keputusan tersebut diresmikan melalui Keputusan Nomor : 188.4/D2./427.89/2024, menjadi tonggak awal untuk memperkokoh semangat gotong royong dan melestarikan tradisi kebersamaan di wilayah.

Saat dimintai keterangan melalui pesan singkat, Kamis (1/2/24), Kepala Desa Tukum, Susanto (Cak Santo), dengan santai sesuai style nya menyampaikan hasil penilaian dalam capaiannya :

Juara I: Desa Tukum – Nilai 60.88
Juara II: Desa Karangbendo – Nilai 58.38
Juara III: Desa Klampokarum – Nilai 54.88

Dengan suaranya yang khas tersirat rasa bangga, Cak Santo juga mengungkapkan, bahwa Desa Tukum, dengan prestasi luar biasa, ditetapkan sebagai perwakilan peserta penilaian Gotong Royong 2024 Tingkat Kabupaten Lumajang.

“Sebanyak 8 Desa turut serta dalam semangat Gotong Royong Tahun 2024 di Kecamatan Tekung, menciptakan kebersamaan yang membanggakan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa sebagai kriteria tambahan, berdasarkan status Desa Mandiri pada aplikasi SDG’s Kemendes POTT Tahun 2024, terdapat dua Desa unggulan di wilayah Kecamatan Tekung, yakni Desa Tukum dan Desa Karangbendo.

Keputusan Camat Tekung tersebut menandai peran penting Desa Tukum dalam menjaga dan merawat semangat gotong royong. Suksesnya Desa Tukum tidak hanya menciptakan kebanggaan lokal, tetapi juga memotivasi masyarakat lainnya untuk lebih aktif dalam kegiatan gotong royong sebagai bentuk pelestarian nilai-nilai luhur budaya lokal. (Dsr)