BerandaNusantaraBPKD Padang Pariaman Gelar Sosialisasi Pendataan Masal PBB

BPKD Padang Pariaman Gelar Sosialisasi Pendataan Masal PBB

Kabarmetro.id, Padang Pariaman – Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) menggelar sosialisasi massal PBB untuk beberapa wilayah di Kabupaten Padang Pariaman.

Sosialisasi tersebut berlangsung di Hall IKK Padang Pariaman di Paritmalintang pada Selasa (30/4/24).

Kepala BPKD Padang Pariaman Taslim Leter, dalam sambutannya menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas basis data Sistem Informasi Objek Pajak (SISMIOP) dan Sistem Informasi Geografis Pajak Bumi dan Bangunan (SIG-PBB) yang akurat dan berkualitas sesuai dengan kondisi lapangan objek dan subjek pajak terkini.

“Karena data tersebut merupakan modal dasar yang sangat penting, maka data tersebut harus selalu dipelihara atau dimutakhirkan secara periodik sesuai dengan kondisi terkini di wilayah Kabupaten Padang Pariaman karena keusangan data merupakan hal yang dapat menghambat kelancaran penerimaan pendapatan dari sektor PBB-P2,” terangnya.

Lebih lanjut, Taslim Leter mengatakan melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan para koordinator dan kolektor kecamatan maupun Wali Nagari bisa lebih meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar PBB. Kemudian diadministrasikan secara baik dalam sebuah sistem basis data.

“Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman terus berupaya memperdayakan diri dalam penyediaan sarana dan prasarana serta diiringi dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat sebagai wajib pajak baik secara sistem pelayanan maupun administrasi,” ungkapnya.

Di samping itu ia juga menyampaikan, PBB merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang penting bagi Kabupaten Padang Pariaman. PBB digunakan untuk membiayai berbagai program pembangunan di daerah, seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Menurutnya, dengan membayar PBB, berarti masyarakat telah turut serta berkontribusi dalam pembangunan daerah.

“Kita berharap kepada Wali Nagari dan Wali Korong di bawah koordinasi Camat untuk terus meningkatkan peran dan proporsi penerimaan sektor pajak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Nagari,” katanya.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 1(satu) hari, dan diikuti oleh Walinagari dan Walikorong di tiga kecamatan yaitu kecamatan Nan Sabaris,Ulakan Tapakis dan kecamatan Sintuk Toboh Gadang(Sintoga) dengan menghadirkan Nara sumber Andi Dediono dari PT.Geomosaic Indonesia. (Rd)