BerandaEkbisWisata Malam, Odong-Odong Hias Penuhi Alun-alun Kota

Wisata Malam, Odong-Odong Hias Penuhi Alun-alun Kota

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Puluhan odong-odong hias berbagai model memang mengundang daya tarik pengunjung di wisata malam di seputar alun alun Kota probolinggo.

Tidak hanya anak-anak, kalangan orang tua pun tertarik untuk menaikinya. Hanya dengan mengeluarkan kocekan murah penumpang bisa mengelilingi alun alun selama setengah jam.

“Harganya tetap, tapi kami sudah 3 jam mangkal disini belum satupun penumpang yang naik,” ungkap salah satu sopir yang biasa mangkal di Alun – alun ini. Selasa (3/10/23).

Odong-odong hias ini biasa mangkal di Alun-alun sejak pukul 17.00 hingga pukul 22.00 WIB. Dalam semalam, para sopir odong-odong ini biasanya bisa narik lima hingga 10 kali tergantung rejeki masing masing. Namun saat hujan turun, penumpang tambah sepi.“Kalau hujan ya tidak beroperasi, penumpangnya bisa basah,” ucapnya.

Namun bila malam minggu dan didukung cuaca cerah, pendapatan bisa lebih. Untuk menarik penumpang, setiap odong-odong yang dimilikinya diberi musik.“Kalau tidak ada musik, penumpang tidak mau naik.

Selain musik, agar lebih menarik penumpang, odong-odong diberi modifikasi. Seperti ada yang berbentuk mobil VW, gajah, kupu-kupu, lumba-lumba dan gambar hati,” tambahnya.

Salah satu penumpang, Nanik, mengakui ada keasikan tersendiri bisa mengelilingi komplek kabupaten pada malam hari dengan naik odong-odong hias. Apalagi bila melintasi lokasi yang minim penerangan.

“Kami juga berharap agar odong odong tetap tertib saat berlalu lintas,kalau tidak ,bisa mencelakakan pengendara lainnya,” terangnya. (Choy)