Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Probolinggo, Drs.Sukam,M.Si mengatakan, kita harus memberikan pelayanan terbaik bagi setiap warga Kota Probolinggo secara cepat, mudah dan bebas pungutan liar (pungli).
“Kita berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dan menyenangkan bagi masyarakat terkait administrasi yang diperlukan sejak dia lahir sampai meninggal,” ujarnya. Kamis (25/5/23).
Sukam mengaku tidak cepat berpuas diri meski pelayanan yang diberikan Dinas Dukcapil sudah berjalan dengan baik. Dirinya dan jajaran akan terus meningkatkan pelayanan sekaligus menuntaskan seluruh program yang menjadi target dan ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Janji Gubernur, serta Kegiatan Strategis Daerah (KSD).
“Untuk saat ini semua sudah berjalan baik tinggal kita tingkatkan pelayanan cakupan target dan kinerja kita yang menjadi program dari pusat,” terangnya.
Saat ini program terdekat adalah dalam rangka mendukung pelayanan mudah dan cepat terutama bagi penduduk rentan yang belum punya NIK. Kita sudah sosialisasikan kepada seluruh masyarakat yang belum punya NIK maupun lainnya silakan datang ke kantor kelurahan. Insya Allah kita upayakan layanan mudah dan cepat sesuai ketentuan kepada masyarakat, tentunya semua persyaratan sudah lengkap,” bebernya.
Ia menambahkan, pelayanan publik berbasis teknologi informasi juga terus bergulir dan dikembangkan supaya masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat, aman dan nyaman.
“Ini menjadi solusi terbaik bagi masyarakat dalam mendapat pelayanan yang terbaik dari Disdukcapil. Selama persyaratannya lengkap pengurusan tidak memebutuhkan waktu lama dan selesai,dan dipastikan tidak ada pungli,” tegas Sukam. (Choy)