BerandaEkbisRibut Raup Puluhan Juta Rupiah per Bulan Dari Limbah...

Ribut Raup Puluhan Juta Rupiah per Bulan Dari Limbah Plastik, Wow!

Kabarmetro.id, .KOTA PROBOLINGGO – Peluang usaha bisa datang dari apa dan dimana saja bagi mereka yang dapat memanfaatkannya. Salah satunya dari daur ulang plastik. Plastik merupakan salah satu material yang sangat sulit diurai. Dibutuhkan puluhan bahkan hingga 100 tahun!

Oleh karena itu, dengan menjalankan usaha daur ulang plastik, tidak hanya bisa membangun bisnis dan memperoleh keuntungan, melainkan juga dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan memanfaatkan penggunaan plastik dengan baik.

Bisa dibilang, masih belum banyak orang yang memanfaatkan peluang satu ini. Selain dipandang sebelah mata karena berurusan dengan sampah plastik, banyak juga yang berpikir bahwa menjalankan usaha ini akan rumit. Padahal jika tahu caranya, peluang usaha daur ulang sampah plastik bisa mendatangkan keuntungan yang sangat menggiurkan
Namun, bagi Ribut (55), warga Jalan Raya Bayeman Probolinggo, hal tersebut malah menjadi peluang usaha.

Sejak lima tahun yang lalu ia membuka usaha pengolahan limbah plastik melalui cuci giling di rumahnya. Dari usahanya ini, selain berhasil membantu proses daur ulang limbah plastik ia juga memetik keuntungan yang lumayan.

“Awalnya saya hanya melihat teman yang memiliki usaha pengolahan limbah plastik. Kemudian saya kepikiran untuk mencoba. Alhamdulillah hingga saat ini usaha kami berjalan lancar hingga bisa mengirim ke beberapa daerah seperti Malang Pandaan,Krian dan daerah lainnya” terang Ribut saat ditemui di rumahnya, Minggu (26/2/24).

Ribut juga mengungkapkan, faktor lain yang mendorongnya membuka usaha pengolahan limbah plastik ini adalah kondisi lingkungan. Selama ini ia mengetahui limbah plastik sangat sulit terurai di alam. Padahal, setiap hari penggunaan plastik semakin meningkat. Tentunya hal itu lama kelamaan akan menimbulkan masalah.

“ Keuntungan daur ulang plastik bisa mencapai jutaan rupiah per hari. Hingga dalam satu bulan bisa terkumpul puluhan juta rupiah. Tentunya, besaran omset ini tergantung sepenuhnya pada bagaimana bisnis ini dijalankan. Yang pasti, untuk mendapatkan keuntungan yang banyak, diperlukan material bahan baku yang memadai, mesin dengan kapasitas produksi yang baik, serta konsumen yang telah sedia untuk membeli hasil produksi bijih plastik daur ulang tersebut,” jelasnya.

Cara usaha daur ulang limbah plastik tidak sederhana, tapi juga tidak rumit. Usaha ini dapat digolongkan ke dalam usaha kecil menengah dengan modal kurang dari 500 Juta Rupiah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisnis ini dapat berjalan dengan sukses.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan sampah plastik, misalnya, Mengambil langsung ke tempat pembuangan sampah atau dari para pemulung sampah plastik.Bekerja sama dengan warga atau masyarakat setempat untuk mengumpulkan dan memilah sampah plastiknya secara terpisah, dan diambil setiap jangka waktu tertentu. (Choy)