BerandaNewsRatusan Personel Kodim Probolinggo Ikuti Sosialisasi Pemilu

Ratusan Personel Kodim Probolinggo Ikuti Sosialisasi Pemilu

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO RAYA – Ratusan personel Kodim 0820/Probolinggo menjadi peserta sosialisasi pemilihan umum (Pemilu), yang di prakarsai oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota/Kabupaten Probolinggo dalam rangka menghadapi pemilihan Gubenur Jawa Timur dan pemilihan Kepala Daerah Kota maupun Kabupaten Probolinggo.

Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto menyampaikan, kegiatan sosialisasi Pemilu yang dilaksanakan oleh KPU Kota maupun Kabupaten Probolinggo bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan serta tahapan pelaksanaan Pilkada serentak secara mendetail kepada Anggota Kodim 0820/Probolinggo.

“Bahwa berdasarkan jadwal dan tahapan yang ditentukan oleh KPU Kota maupun Kabupaten Probolinggo untuk pelaksanaan pemilihan Gubernur, Walikota dan Bupati Probolinggo rencananya akan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 27 November 2024,” kata Letkol Arm Heri Budiasto, Rabu (24/4/24).

Ia menambahkan, dalam momentum tersebut kami sebagai aparat kewilayahan harus lebih maksimal dalam melaksanakan pengamanan, semoga pada saat pelaksanaan nanti berjalan dengan aman terkendali. “Semoga Pilkada nanti bisa berjalan dengan lancar dan aman, karena sesuatu yang baik berawal dari niat yang baik,”ujarnya.

Komisioner KPU Kota Probolinggo Radfan Faizal mengatakan ucapan terimakasih karena pelaksanaan Pilpres kemarin dalam keadaan aman, itu semua tidak luput dari peran serta Kodim 0820 selaku pengamanan. Sosialisasi ini merupakan tanda bahwa tahapan Pilkada sudah dimulai, Pilpres aman, harapannya pilkada juga berjalan aman.

“Tujuan pelaksanaan Pilkada adalah untuk memunculkan dan memilih pemimpin terbaik yang bisa membawa Kota/ Kabupaten Probolinggo lebih maju kedepan,” ungkapnya.

Untuk diketahui dalam sosialisasi tersebut anggota Kodim 0820/Probolinggo mendapat penjelasan atau pemahaman diantaranya tentang tahapan dan jadwal Pilkada yang untuk sekarang sudah memasuki tahap pembentukan PPK, PPS dan KPPS sekaligus tentang titik krusial dan potensi konflik yang meliputi penyusunan daftar pemilih, pencalonan, kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi dan penetapan calon terpilih.(Choy)