BerandaNasionalPresiden Jokowi Mengaku Puas dengan Progres Pembangunan IKN

Presiden Jokowi Mengaku Puas dengan Progres Pembangunan IKN

Kabarmetro.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi)merasa puas dengan melihat kemajuan pembangunan Kota Nusantara, ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) pengganti Jakarta.

“Saat ini, kami datang untuk peletakan batu pertama sejumlah pembangunan fisik dan melihat pembangunan yang telah dilakukan,” kata Jokowi di Penajam, Kaltim, Rabu (20/12/23).

“Kami senang dengan melihat kemajuan pembangunan Ibu Kota Negara baru Indonesia, masih sesuai target dan diharapkan pada awal Agustus 2024 bangunan sudah dapat difungsikan,” tuturnya.

Penjelasan tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan Hotel Nusantara di kawasan ibu kota negara masa depan Indonesia di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kaltim.

Data yang tercatat pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan.Rakyat (PUPR), kemajuan pekerjaan fisik secara keseluruhan 82 paket yang sedang dilakukan saat ini mencapai sekitar 21,16 persen.

Peletakan batu pertama Hotel Nusantara dilakukan Presiden Jokowi pada 21 September 2023 dan ditargetkan rampung sebelum Agustus 2024, dengan investasi lebih kurang Rp20 triliun yang merupakan konsorsium sembilan perusahaan swasta dalam negeri.

“Sekarang kemajuan pembangunan Hotel Nusantara capai 34,50 persen melampaui target sedikit, dan ini harus diikuti pengerjaan fisik lainnya di Kota Nusantara,” kata Jokowi.

Keterlibatan investor lokal dalam pembangunan ibu kota negara Indonesia baru itu, lanjut dia, diharapkan dapat menjadi pemicu investasi besar terlibat dalam pembangunan Kota Nusantara.

Investor berasal dari Kalimantan Timur juga sudah terlibat dalam pembangunan ibu kota negara masa depan Indonesia, menurut dia lagi, dan ada sejumlah investor dalam negeri juga sudah bekerja sama untuk membangun Kota Nusantara.

Investor dalam negeri terutama dari Kalimantan Timur juga menanamkan modal miliaran rupiah dengan berbagai sektor, di antaranya perhotelan dan pusat perbelanjaan di ibu kota negara Indonesia baru, demikian Jokowi.

Setelah melakukan peninjauan pembangunan Hotel Nusantara, Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan pusat perbelanjaan Nusantara Superblock di Kota Nusantara.  (Tomi)