BerandaNasionalPresiden Jokowi Berkomunikasi Intensif dengan Pimpinan Dunia Bahas Geopolitik...

Presiden Jokowi Berkomunikasi Intensif dengan Pimpinan Dunia Bahas Geopolitik Timur Tengah

Kabarmetro.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah telah berkomunikasi secara intensif dengan pemimpin dunia terkait geopolitik di Timur Tengah.

“Pemerintah telah berkomunikasi intensif dengan para pemimpin dunia, termasuk pentingnya perlindungan bagi warga negara Indonesia (WNI) di kawasan konflik,” ujar Jokowi seperti dikutip dari deskripsi unggahan di akun media sosial Instagram @jokowi yang dipantau di Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas bersama dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, menteri dan jajaran pejabat terkait di Istana Merdeka, Jakarta, khusus untuk membahas perkembangan situasi global, Selasa (16/4/24).

Pemerintah mengatakan serangan Israel ke konsulat Iran di Damaskus, Suriah dan retaliasi atau serangan balasan Iran ke Israel telah membuat lonjakan harga minyak.

Jokowi menyampaikan bahwa geopolitik di Timur Tengah dapat berdampak pada Indonesia.

Rapat terbatas yang digelar Selasa hari ini, kata Jokowi, membahas soal pentingnya terus melanjutkan upaya diplomasi guna mencegah eskalasi serta menjaga kestabilan regional, dan mengurangi dampak ekonomi global.

Jokowi mengatakan selain berkomunikasi dengan pemimpin dunia dan berupaya menjaga keselamatan WNI di kawasan konflik, pemerintah juga senantiasa memperkuat daya saing dan daya tarik investasi jangka panjang untuk Indonesia. (TM)