BerandaNewsPrediksi Hari Ini Puncak Arus Mudik Gelombang Pertama

Prediksi Hari Ini Puncak Arus Mudik Gelombang Pertama

Kabarnetro.id, JAKARTA – Polda Metro Jaya memperkirakan puncak arus mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 2023 akan terjadi dalam dua gelombang atau dua waktu. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan puncak arus mudik dalam gelombang pertama akan dimulai hari ini Jumat (14/4/23).

“Diperkirakan Puncak arus mudik terjadi dua gelombang atau dua waktu. Diperkirakan yang pertama adalah arus mudik pertama yaitu diprediksikan pada tanggal 14 April 2023,” ujar Trunoyudo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (13/4/23).

Sementara itu, untuk gelombang kedua, kata Trunoyudo, arus mudik akan terjadi pada pekan depan pada hari Selasa (18/4) dan Rabu (19/4). “Yang kedua pada puncak arus mudik kedua pada waktu tanggal 18 sampai dengan 19 April 2023,” tutur Trunoyudo.

Lebih lanjut, Truno mengatakan untuk arus balik diprediksi terjadi dalam dua gelombang, di mana gelombang pertama akan dimulai pada hari Selasa (25/4). “Demikian juga pada puncak arus balik. Timeline yang diprediksikan yaitu antara tanggal 25 tanggal 26 April 2023 merupakan puncak arus balik gelombang pertama,” katanya.

“Pada gelombang yang kedua Puncak arus balik yang diperkirakan akan masuk ke Jakarta ya tentunya, ini tanggal 30 (April) sampai dengan tanggal 1 Mei 2023,” tandas Trunoyudo.

Terkait itu pihaknya pun menyiapkan puluhan pos pengamanan (pospam) yang tersebar di sejumlah wilayah untuk mengamankan arus mudik lebaran 2023. Trunoyudo mengatakan pos pengamanan (pospam) arus mudik dan arus balik terdapat 37 titik. “Pos pengamanan arus mudik dan arus balik ada 37 titik pos pengamanan,” ujar dia.

Rinciannya, delapan pospam di jalur tol saat arus mudik. Yakni KM 10 Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, KM 29 Tol Cikarang Utama, Rest Area KM 33 Tol Cikarang Utama, Rest Area KM 39 Tol Cikarang Utama, Rest Area KM 10 Tol Jagorawi arah Bogor, Rest Area Pinang KM 13,5 Tol Merak, serta Rest Area Kunciran KM 14 Tol Merak.

Kemudian, enam pospam di jalur tol saat arus balik. Yakni, GT Cikunir, KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area KM 6 Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area Pinang KM 13,5 Tol Merak, Rest Area Kunciran KM 14 Tol Merak, dan KM 21 Tol Merak arah Jakarta.

Selanjutnya untuk pospam di jalan arteri di antaranya Pos Lantas Kalideres, Pos Joglo Raya, Pos Kalimalang, Pos di Jalan Nur Ali Sumber Arta, Pos di Jalan Sultan Medan Satria Kota Bekasi, Pos Pasar Tambun, Pos Kedungwaringin, Pos Panasonic, dan Pos SPBU Cilangkap. Sementara itu di pospam terminal terdapat Terminal Bus Kampung Rambutan, Terminal Bus Pulo Gebang, dan Terminal Bus Kalideres. (Tomi)