BerandaNewsPastikan Secara Resmi Awal Ramadhan, Tim Rukyat Hilal Lembaga...

Pastikan Secara Resmi Awal Ramadhan, Tim Rukyat Hilal Lembaga Falak ABI Lakukan Pemantauan Hilal

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Kegiatan pemantauan hilal dalam menyambut Ramadhan 1445 H di Probolinggo telah dilakukan dengan serius dan terkoordinasi. Tim Rukyat Hilal Lembaga Falak ABI (Ahlul Bait Indonesia) dalam kegiatan ini merupakan kegiatan pemantauan Hilal Indonesia.

“Lokasi pemantauan dilakukan di Pesisir Barat PPP Mayangan Probolinggo, menunjukkan adanya upaya terkoordinasi dan tersebar untuk mengamati hilal. Kegiatan ini rutin yang kami lakukan,tidak hanya penentuan 1 Ramadhan saja” ungkap Koordinator Wilayah Probolinggo Ali Zainal Abidin. Senin (11/3/24) petang.

Ali mengatakan lokasi di PPP Mayangan ini dipilih dengan cermat untuk memastikan hasil pengamatan yang akurat.

“Pemantauan hilal dilakukan dengan menggunakan alat-alat seperti teleskop dan theodolite, serta dilaksanakan di lokasi yang memiliki horison jelas tanpa hambatan, seperti di tepi pantai,” jelasnya.

Hasil pemantauan hilal ini akan menentukan secara resmi awal bulan Ramadan, Syawal, atau Zulhijjah berdasarkan hasil pemantauan hilal di seluruh Indonesia, termasuk di Probolinggo.
Kerjasama antar pihak ini menegaskan pentingnya upaya bersama untuk menentukan awal bulan suci Ramadan dengan akurasi dan kepercayaan yang tinggi. (Choy)