BerandaNewsMusim Penghujan, Warga Diimbau Jangan Buang Sampah Sembarangan

Musim Penghujan, Warga Diimbau Jangan Buang Sampah Sembarangan

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Antisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemerintah Kota Probolinggo minta masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Pasalnya, tingkat kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dianggap masih rendah.

Wilayah Tajungan Kelurahan Mangunharjo. sampai saat ini tidak pernah terjadi bencana alam banjir, namun kita semua tidak boleh lengah, harus berusaha menggugah kesadaran masyarakat pentingnya mencegah terjadinya bencana alam banjir.

Kesadaran masyarakat sangat diperlukan guna mencegah terjadinya banjir terutama saat musim hujan saat ini.

Kebiasaan warga yang sering membuang sampah sembarangan salah satu dari beberapa yang menyebabkan terjadinya banjir. Meski nampak tidak mempengaruhi apa-apa, tapi kenyataannya membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan sungai menjadi tersumbat dan kotor.

Ketua RT 01 RW 08, Imam Basuni mengatakan, banyak warga dibantaran sungai yang masih membuang sampah sembarangan, sehingga dapat menimbulkan banjir.

“Tingkat kepeduliannya, tingkat kesadarannya perlu ditingkatkan kembali karena masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan, kadang-kadang mereka asal lempar saja ke sungai,” ujarnya. Kamis (7/3/24).

“ Membersihkan saluran air di wilayah yang sering terjadi genangan, termasuk di wilayah aliran sungai yang ada tumpukan sampah kita juga sudah lakukan,namun masih banyak warga yang membuang sampah seenaknya,” tutupnya.(Choy)