BerandaNewsKoramil Wonomerto Hadiri Rakor Peduli Kemiskinan Ekstrem

Koramil Wonomerto Hadiri Rakor Peduli Kemiskinan Ekstrem

Kabarmetro.id, PROBOLINGGO – Koramil 0820/07 Wonomerto ikut ambil bagian dalam pelaksanaan Rapat Kordinasi (Rakor) dalam rangka gerakan serentak eslon peduli kemiskinan ekstrem di Pendopo Kantor Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo, Rabu (31/1/24).

Pj Danramil 0820/07 Wonomerto Lettu Inf Moh Isnaini mengatakan, berdasar Perbub Nomor 35 Tahun 2023 tentang rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Probolingggo Tahun 2024, tema pembangunan Kabupaten Probolinggo tahun 2024 yaitu menurunkan kemiskinan dan meningkatkan kualitas SDM dalam suasana masyarakat yang harmonis, setara, aman dan tenteram.

Adapun prioritas pembangunan daerah yang menjadi kebijakan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, yaitu mengurangi angka kemiskinan dan kesenjangan, memperkuat layanan infrastruktur berkelanjutan, pengurangan kawasan permukiman kumuh, pemerataan akses terhadap sanitasi dan air bersih, memperkuat ketahanan ekonomi.

” Serta peningkatan angka rata-rata lama sekolah, penurunan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB), balita stunting sekaligus penguatan peran pengarusutamaan gender dalam pembangunan serta meningkatkan ketahanan daerah,” kata Lettu Inf Moh Isnaini.

Lebih lanjut perwira berpostur tegap ini mengungkapkan, ada analisa kondisi permasalahan daerah yang sangat erat terkait dengan kemiskinan meliputi kemiskinan ekstrim, AKI dan AKB, stunting, TBC, angka rata-rata lama sekolah, pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan hasil tagging SIPD-RI terkait penganggaran kemiskinan tahun 2024 yang terdistribusi di 17 perangkat daerah dan 33 puskesmas serta menyampaikan paparan penganggaran perangkat daerah untuk mendukung pengurangan angka kemiskinan tahun 2024,”pungkasnya. (Choy)