BerandaNasionalKementerian Kominfo Rilis Pemiludamaipedia, Sumber Informasi Terpercaya Pemilu 2024

Kementerian Kominfo Rilis Pemiludamaipedia, Sumber Informasi Terpercaya Pemilu 2024

Kabarmetro.id, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengambil langkah signifikan dengan merilis Buku Elektronik Pemiludamaipedia. Buku panduan elektronik ini merupakan inisiatif Kominfo untuk mengumpulkan informasi terpercaya terkait Pemilu 2024, memudahkan akses masyarakat, serta meningkatkan wawasan dan pemahaman mengenai proses Pemilu.

Pemiludamaipedia, yang dapat diakses melalui https://s.id/pemiludamaipedia/, mencakup informasi vital seperti daftar pemilih tetap, anggota partai politik, calon sementara DPR RI, jadwal Pemilu 2024, dan laporan hoaks seputar Pemilu. Pemilu 2024, yang dijadwalkan pada 14 Februari, menjadi momen demokrasi lima tahunan di Indonesia, dan untuk membantu masyarakat memahaminya dengan baik, Kominfo meluncurkan Buku Elektronik Pemiludamaipedia.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong, menjelaskan bahwa Pemiludamaipedia berfungsi sebagai sumber informasi hidup yang terus diperbarui sesuai dengan perkembangan terkini. Dalam peluncuran buku tersebut, Usman Kansong menyatakan bahwa Pemiludamaipedia adalah langkah konkrit Kominfo untuk memberikan pengetahuan menyeluruh kepada masyarakat mengenai Pemilu, termasuk proses tahapan hingga pelaksanaannya.

Selain informasi terkait Pemilu, buku ini juga menyediakan tiga fitur untuk menangkal informasi hoaks seputar kepemiluan, seperti Cek Lawan Hoaks, pelaporan ke turnbackhoax.id, dan melaporkan hoaks Pemilu 2024 ke situs Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pemiludamaipedia adalah sumber informasi terpercaya yang berusaha mendorong diskusi di ruang publik yang lebih sehat, beretika, dan memberikan pendidikan politik yang baik. (*)