BerandaNasionalJamaah Haji Berdatangan, Macet di Sekitar Asrama Haji Pondok...

Jamaah Haji Berdatangan, Macet di Sekitar Asrama Haji Pondok Gede

Kabarmetro.id, JAKARTA – Lalu lintas di sekitar Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur dilaporkan mengalami kemacetan. Hal itu disebabkan seiring dengan kedatangan para calon jemaah haji menuju asrama.

Dikutip dari akun X TMC Polda Metro Jaya, dilaporkan Per pukul 09.20 WIB, lalin terpantau padat dari jalan sekitar asrama hingga lampu merah Garuda.

“Situasi lalu lintas disekitar Asrama Haji Pondok Gede Jaktim terpantau padat hingga sekitar lampu merah Garuda, terutama di pintu masuk Parkir Asrama Haji,” demikian keterangan yang disampaikan, Sabtu (11/5/24).

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk menghindari dan mencari jalur alternatif lainnya agar terhindar dari kemacetan yang terjadi.

“Hari ini para calon jamaah haji kloter 1 yang akan berangkat untuk menunaikan ibadah haji kumpul terlebih dahulu di asrama haji Sebelum diberangkatkan ke Bandara Soekarno Hatta. Agar pengendara menghindari sekitaran Asrama Haji Pondok Gede Jaktim,” jelasnya.

Sebelumnya, ratusan jemaah calon haji mulai berdatangan ke Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Pondok Gede, Sabtu (11/5/24) hari ini. Jemaah calon haji ini akan transit sebelum akhirnya diterbangkan ke Arab Saudi.

Berdasarkan pantauan di lokasi, jemaah calon haji mulai berdatangan sejak pukul 07.00 WIB. Jemaah yang tiba kali ini merupakan jemaah calon haji kloter pertama yang berasal dari DKI Jakarta.

Mereka tampak mengenakan pakaian seragama berwarna ungu gelap bermotif batik. Pakaian mereka juga dilengkapi syal berwarna hijau terang bertuliskan ‘Jamaah Haji Indonesia’.

Jemaah calon haji juga terlihat membawa barang bawannya masing-masing berupa satu koper yang telah melekat juga identitasnya. Terlihat jemaah memang tidak terlalu banyak membawa barang-barang bawaannya.

Di Asrama Haji ini, jemaah akan transit sebelum akhirnya berangkat ke Tanah Suci. Mereka akan melakukan pengecekan berkas.

Setelah pengecekan berkas, mereka akan mendapati nomor kamar, mereka akan menetap sementara selama kurang lebih 12 jam. Jemaah calon haji kloter ini rencananya akan berangkat pada Minggu (12/5/24) dini hari.

Di area luas, keluarga jemaah calon haji juga terlihat ikut mengantar masing-masing keluarganya. Namun demikian, keluarga pengantar hanya dibatasi dan tidak bisa masuk ke area.

Sementara, kloter selanjutnya akan datang yaitu jemaah calon haji asal Banten. Adapun jemaah calon haji asal Banten ini dijadwalkan tiba pada pukul 11.00 WIB hari ini. (Adit)