BerandaInternasionalIni Permintaan Zelensky ke Negara-negara Barat

Ini Permintaan Zelensky ke Negara-negara Barat

Berbicara kepada para pemimpin negara-negara anggota Uni Eropa (UE) melalui tautan video pada Kamis (21/3/24), ia mengatakan jumlah peluru artileri yang tersedia untuk tentara Ukraina “memalukan bagi Eropa.”

“Akses Rusia ke pasar pertanian Eropa masih tidak dibatasi,” katanya, dikutip BBC.

“Dan ketika biji-bijian Ukraina dibuang ke jalan atau rel kereta api, produk-produk Rusia masih diangkut ke Eropa, begitu pula barang-barang dari Belarusia yang dikuasai Putin, ini tidak adil,” ujarnya.

“Teror seperti itu terus berlanjut setiap hari dan malam. Persatuan dunia mampu menghentikannya ketika mereka membantu kita dengan sistem pertahanan udara,” terang Zelensky dalam sebuah postingan di Telegram, beberapa jam setelah serangan di Kyiv.

“Sekarang perlindungan ini diperlukan di sini di Ukraina. Hal ini sangat mungkin terjadi jika mitra memiliki kemauan politik yang cukup,” katanya.

Zelensky mengatakan pada Rabu (20/3/2024) lima orang tewas dalam serangan Rusia di Kharkiv.

Para pejabat di wilayah Sumy mengatakan bahwa lebih dari 300 orang terpaksa mengungsi sejak pekan lalu karena intensifnya penembakan dan serangan udara Rusia, dan lebih banyak lagi yang dievakuasi.

Bulan lalu, Zelensky mengajukan permohonan mendesak untuk menambah lebih banyak senjata pada konferensi internasional di Jerman. (TM)