BerandaInternasionalIni Pendapatan Besar Presiden Zelensky Selama Perang Rusia-Ukraina

Ini Pendapatan Besar Presiden Zelensky Selama Perang Rusia-Ukraina

Kabarmetro.id – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengalami peningkatan pendapatan pada tahun 2022, tepat ketika Ukraina sedang berperang melawan Rusia yang mulai menginvasi pada Februari 2022.

Melansir Reuters, pendapatan Zelensky meningkat dari yang sebelumnya 10,8 juta hryvnia atau setara dengan Rp4,2 miliar pada tahun 2021 menjadi 12,42 juta hryvnia atau setara dengan Rp4,9 miliar pada 2022. Peningkatan pendapatan ini disebabkan oleh peningkatan pengumpulan sewa dan penjualan beberapa obligasi pemerintah.

Zelensky juga mengatakan bahwa dia bersama keluarganya memperoleh pendapatan sebesar 7,45 juta hryvnia atau setara dengan Rp2,96 miliar. Menurut situs presiden, pendapatan presiden dan keluarganya berasal dari gaji, bunga bank, dan hutang sewa propertinya. Sedangkan untuk besaran aset serta kendaraan yang dimiliki Zelensky tidak mengalami perubahan besar.

Zelensky juga meminta para pejabat publiknya untuk mengungkapkan pendapatan mereka sebagai bentuk peningkatan transparansi dan pemberantasan korupsi. Hal ini dilakukan demi memenuhi persyaratan ketata yang dimiliki Uni Eropa agar Ukraina dapat bergabung. (TM)