BerandaNewsGelar Press Release Akhir Tahun, Kapolda Sumbar Paparkan Capaian...

Gelar Press Release Akhir Tahun, Kapolda Sumbar Paparkan Capaian Kinerja Polri Tahun 2023

Kabarmetro.id, SUMBAR – Polda Sumatera Barat gelar kegiatan press realise akhir tahun 2023, yang langsung dipimpin oleh Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Suharyono, Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakapolda sumatera barat Brigjen Gupuh, Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan, dan sejumlah pejabat utama di jajaran Polda Sumbar. Minggu (31/12/23).

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono menyampaikan, kita berikan apresiasi kepada personel kepolisian di jajaran Polda Sumbar yang telah berkomitmen, dan yang meraih prestasi dalam
menjalankan tugasnya.

Disebutkan seluruh pencapaian positif ini tentu tidak lepas dari kerja keras dan komitmen para personel Polda sumbar dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi polri.

Walaupun pada Oktober 2022, Polda Sumbar secara nasional berada di posisi terbawah, namun melalui kerja keras yang memiliki komitmen, kemudian dilanjutkan dengan membangun kepercayaan masyarakat, dan kepercayaan publik, dengan secara perlahan-lahan dapat pulih kembali.

Prestasi demi prestasi yang berhasil diraih oleh personel Polda sumbar tentu hal ini merupakan suatu hasil kerja keras yang tanpa kenal rasa lelah dari seluruh personel Polda Sumbar.

“Disini kami sampaikan ucapan terima kasih kepada para awak media dan insan pers yang telah berjuang bersama-sama, serta membantu dalam meningkatkan kinerja Polri di daerah ini,”ucap Kapolda.

Kapolda menegaskan terkait dengan tantangan internal yang dihadapi polri saat ini, pihaknya akan terus berupaya membina dan membenahi kinerja personel, hal ini bertujuan agar kinerja personel polri di jajaran Polda sumbar dapat ditingkatkan.

Kemudian dalam hal peningkatan angka penyelesaian kasus kriminal, termasuk tindak pidana narkotika, dan curat, hal ini terus diupayakan, dan dijadikan sebagai prioritas utama.

Di tahun 2023, terjadi peningkatan signifikan dalam penanganan tindak pidana, seperti Kasus Curat, kasus ini meningkat tajam dari 510 kasus pada 2022 menjadi 910 kasus pada 2023.

Begitu juga dengan kasus Narkotika, kasus ini juga mengalami peningkatan dari 922 kasus pada 2022 meningkat menjadi 1022 pada 2023, dan upaya penyelesaian kasus kriminal juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Kemudian dilanjutkan dengan kasus Ilegal mining, hal ini masih menjadi permasalahan yang sangat serius terutama di daerah Pasaman Barat.

“Kami akan terus berupaya untuk melakukan pencegahan dan penindakan terhadap praktik ilegal ini,” tegas Kapolda.

Kapolda juga menjelaskan terkait dengan kasus kecelakaan lalu lintas memang mengalami peningkatan, tetapi terjadi penurunan pada kasus kematiannya, hal ini menunjukkan berjalannya tugas dan fungsi polri dalam upaya meningkatkan keselamatan warga dalam berlalu lintas.

Prestasi dalam pencegahan ilegal mining dan logging juga menjadi sorotan kapolda hari ini, Kapolda juga menekankan akan pentingnya menjaga kepercayaan masyarakat dan kepercayaan publik dengan cara memberikan pelayanan kepada nasyarakat dengan humanis dan benar, sesuai dengan aturan yang ada di kepolisian

Press realise akhir tahun 2023 ini juga menjadi bahan evaluasi untuk kedepannya, sehingga dapat untuk memotivasi seluruh anggota dan personel Polda Sumbar dalam menjalankan tugasnya.

Kapolda juga berharap agar capaian dalam kategori positif ini dapat terus ditingkatkan sehingga dapat terwujudnya dan terciptanya situasi yang aman,nyaman, dan kondusif, khususnya di wilayah hukum Polda sumbar,” tutur Kapolda suharyono mengakhiri. (Rd)