BerandaPolitikDiyan Mei Ikawati, Caleg Muda Golkar Janji Fokus Tingkatkan...

Diyan Mei Ikawati, Caleg Muda Golkar Janji Fokus Tingkatkan Pendidikan, Kesehatan dan Sosial, Ini Alasannya

Kabarmetro.id, KOTA PROBOLINGGO – Beberapa partai politik atau parpol sudah mendaftarkan sejumlah nama bakal calon legislatif atau bacaleg mereka ke Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota probolinggo. Parpol yang telah mendaftarkan bacaleg mereka adalah Golkar, PKS, NasDem, PDIP, PKB, PPP, Perindo, PAN, Hanura dan Gelora. Dari partai-partai ini, sederet nama petahana masih mewarnai daftar calon anggota legislatif untuk Pemilu 2024.

Namun begitu nama-nama baru juga banyak bermunculan. Sederet caleg pemula akan tampil dan bersaing bersama para tokoh politik lainnya yang lebih senior. Salah satunya Diyan Mei Ikawati yang akrab disapa Mbak Diyan, wajah baru bacaleg di Kota Probolinggo dari Partai Golkar Dapil II Kecamatan Mayangan Kota probolinggo
Wanita 42 tahun itu menjelaskan alasan memilih bergabung ke Partai Golkar. Bagi Diyan Golkar telah membuka kesempatan luas bagi anak muda khususnya kaum milenial untuk berkiprah di partai berlambang pohon beringin tersebut. Selain itu Golkar merupakan partai modern yang membuka jalan bagi siapa pun untuk mengabdi kepada masyarakat.”Saya juga melihat Golkar sebagai partai yang modern, terbuka bagi siapa saja yang ingin menjadikan politik sebagai jalan pengabdian,” tutur Diyan Mei Ikawati. Senin (15/5/23).

Meski termasuk pemain baru, wanita kelahiran 24 Mei 1981 itu mengaku telah melakukan berbagai persiapan. Tidak hanya dari internal partai, sejumlah relawan eksternal partai juga sudah dibentuk untuk mendulang suara. Selain itu dukungan penuh dari keluarga menjadi motivasi dan semangat sendiri bagi dirinya.

Diyan Mei Ikawati juga menegaskan, sebenarnya politik itu baik, perempuan bisa banyak belajar dalam dunia politik satu contoh kecil perempuan bisa belajar menyampaikan pendapat nya dan berbicara didepan umum.

“ Hal ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari bagi perempuan, di mana di Kota Probolinggo budaya patriarki masih dianut dan tingkat kekerasan terhadap perempuan masih tinggi dilansir dari data P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak ), jadi perempuan jangan sampai di saat pemilu atau pilkada kita cuma dimanfaatkan sebagai alat ( mencari suara/dukungan) setelah selesai ditinggal begitu saja,” terang Diyan selaku pemilik CVMasaro Alam Sejahtera yang bergerak pada bidang pembuatan hio,dupa stik serta serbuk bahan dupa
Kita bisa berperan di dunia politik demi kepentingan perempuan yang harus diperjuangkan dan suatu kehormatan bisa bergabung di partai Golkar dimana partai Golkar saat mendukung peran perempuan dalam berpolitik hal tersebut bisa di buktikan dengan adanya caleg perempuan yang jumlahnya 50% dari partai berlambang beringin ini” ungkap caleg partai Golkar yang biasa disapa mbak Diyan Gaharu ini.

“ Bila terpilih nanti,saya akan fokus untuk meningkat kan pendidikan kaum perempuan, ibu dan anak di segala bidang, mencanangkan program pendidikan sadar hukum bagi perempuan, ibu dan anak di luar pendidikan formal, serta meningkatkan pelatihan dan ketrampilan kerja bagi perempuan, ibu dan anak,” jelas perempuan warga Kelurahan Mangunharjo yang juga owner De Laki,e Barbershop ini serta Juwita Salon ini.(Choy)