BerandaNewsAkibat Hujan Deras, Jalan Lintas Nagari di Korong Pasie...

Akibat Hujan Deras, Jalan Lintas Nagari di Korong Pasie Laweh Bisati Amblas, Warga Berharap Perbaikan

Kabarmetro.id, PADANG PARIAMAN – Dampak dari Curah Hujan yang sangat deras, jalan penghubung antar Nagari di Korong Pasie Laweh Nagari Bisati Sungai Sariak kecamatan VII Koto, Padang Pariaman amblas sepanjang 25 m, Senin(8/5/23).

Jalan dari simpang tanah pahlawan ini yang melewati korong Pasie Laweh merupakan jalan penghubung antara Nagari Bisati sungai sariak dengan pasar Ampalu Nagari Lareh Nan Panjang.

Wali korong Pasie Laweh Nagari Bisati saat dihubungi awak media melalui Whatshap pribadinya menjelaskan Sebelumnya jalan ini sudah amblas tapi belum separah sekarang ini, dan untuk sementara ini kami masyarakat korong Pasie Laweh mengambil inisiatif dengan mengalihkan jalan ini kesamping badan jalan yang amblas tersebut, karena jalan ini merupakan sentral perekonomian masyarakat .

“Untuk sementara akses jalan masih bisa dilalui dengan cara mengalihkan ke samping badan jalan yang lama,” jelas Dedi.

Kemudian ia juga menyampaikan dengan adanya badan jalan yang jatuh ke sungai akibat diterjang banjir dari aliran sungai Batang mangoi dan kami selaku masyarakat di Korong Pasie Laweh sangat berharap perhatian dan uluran tangan pemerintah untuk memperbaikinya.

“Sudah empat kali kami mengirim proposal ke pemkab Padang Pariaman melalui dinas PUPR namun sampai saat ini belum juga terealisasi,”ucap Dedi.

Selain itu Dedi juga menyebutkan jalan Ini adalah akses jalan utama bagi masyarakat, selain dilewati oleh masyarakat setempat, jalan ini juga merupakan jalan alternatif utama bagi petani yang memiliki perkebunan.

“jadi karena amblasnya badan jalan ini, akses jalan terpaksa, mau tidak mau harus melewati jalan alternatif yang sudah dialihkan sebelumnya,” kata Dedi.

Hal senada juga disampaikan Walinagari bisati sungai sariak pirdaus kepada awak media, jauh-jauh hari laporan dari masyarakat korong Pasie Laweh ke Nagari terkait amblasnya badan jalan ini sudah kami terima dan kami sudah mengupayakan bantuan sesuai dengan apa yang disampaikan pak dedi waliikorong Pasie laweh.

“Benar… sudah empat kali kami mengirim proposal kepada Pemkab Padang Pariaman melalui dinas PUPR kabupaten,” kata Pirdaus.

“Untuk itu kami sampaikan melalui media ini kami bersama masyarakat sangat berharap sekali kepada Pemkab Padang Pariaman melalui dinas PUPR untuk dapat memperbaiki jalan yang amblas tersebut, bagaimana solusi terbaiknya kami terima dengan penuh harapan,”ujar Pirdaus .

Kemudian katanya kami mewakili masyarakat Nagari Bisati juga menyampaikan kepada pemerintah provinsi sumatera barat yang berwenang untuk mengatasi permasalahan ini, tentu dengan harapan dapat memberikan bantuan dan solusi terbaik untuk Nagari kami karena bencana alam seperti ini merupakan tanggung jawab kita bersama, apalagi hal seperti ini menyangkut dengan fasilitas umum dan kebutuhan orang banyak.

Untuk perlu kita ketahui bersama karena akhir-akhir ini cuaca sangat tidak bersahabat sehingga sering menimbulkan curah hujan yang sangat tinggi dan mengakibatkan banjir di beberapa daerah.

“Nah untuk itu kami atas nama pemerintahan Nagari Bisati sungai sariak mengimbau kepada masyarakat khusus yang berdomisili di sekitar aliran sungai Batang mangoi agar dapat berhati-hati dan waspada apabila terjadi hujan deras yang akan mengakibatkan banjir,”tutup Pirdaus.(Rd)